Penyebab Pintu Mobil Susah Dibuka Saat Terendam Banjir

Mobil Dewi di tengah banjir (lingkaran merah). Ist
Sumber :

VIVA.co.id – Banjir yang melanda Jakarta dan Bekasi kemarin, Selasa, 21 Februari 2017, tak akan bisa dilupakan oleh Kartika Dewi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dewi berusaha menerobos banjir besar yang terjadi di sekitar Gerbang Tol Cikunir 4, Bekasi, Jawa Barat. Genangan air yang sangat tinggi membuat mobilnya mogok dan ia terjebak di dalamnya.

Dengan cepat, air masuk ke dalam mobil. Nahasnya, pintu mobil tak bisa dibuka. Beruntung, ketika air sudah mulai menenggelamkannya di dalam mobil, Dewi berhasil membuka kaca mobil untuk keluar

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Musibah yang dialami Dewi mendapat tanggapan dari General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, Dadi Hendradi. Menurutnya, pintu memang tak bisa dibuka lantaran adanya tekanan air yang kuat dari luar.

"Pintu lebih mudah dibuka, justru jika di dalam kabin sudah penuh air. Hal yang sama juga terjadi kalau mobil masuk ke danau maupun sungai," kata Dadi kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Itu sebabnya, ia menyarankan kepada para pengemudi dan penumpang mobil untuk bersiap-siap membuka jendela saat genangan air naik hingga pintu mobil.

Hal ini dilakukan untuk memberi jalan air masuk ke dalam kabin, sehingga pintu bisa dibuka dengan mudah. Jangan lupa untuk membuka kunci pintu secara manual terlebih dulu.

"Memang jadi basah, tapi bisa keluar. Kalau takut, buka jendela dan keluar lewat jendela. Air akan masuk juga biar bagaimana pun, apalagi kalau terendam begitu," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya