Bahaya Aquaplaning, Banyak Biker Tidak Tahu

Pengendara bermotor menerobos hujan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Seiring dengan datangnya musim hujan tentu banyak ditemui genangan-genangan air di jalanan ibu kota. Kondisi ini ternyata sangat berbahaya terutama bagi para pengendara sepeda motor. Pasalnya, genangan ini berpotensi menyebabkan aquaplaning. Apakah itu?

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Zahid mengungkapkan salah satu kejadian yang kemungkinan akan dialami oleh pengendara motor yang nekat menerobos genangan air itu adalah aquaplaning.

Aquaplaning yakni gejala di mana posisi ban tidak menapak dengan seutuhnya pada permukaan jalan yang diakibatkan oleh tekanan pada genangan air. Akibatnya, ban tidak bisa mengurai genangan air. "Perhatikan genangan air karena bisa jadi mengakibatkan aquaplaning, ban mengambang begitu," kata Zahid kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 22 Februari 2017.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Menurut dia, masih banyak orang yang masih belum tahu mengenai bahaya melintasi genangan air ketika hujan dengan curah hujan tinggi. Apalagi ditambah dengan kondisi ban yang mulai aus maupun tak memiliki kemampuan memadai untuk melintasi di jalan basah.

"Kalau cengkeraman berkurang maka akan mengurangi sisi keamanan berkendara juga. Itu bahaya, karena cengkeramannya berkurang lalu tiba-tiba ada lubang, motor akan mudah jatuh," katanya.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor
Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024