Cara Gampang Cek Kondisi Mesin Motor Bekas Agar Tak Tertipu

Jual beli motor bekas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Membeli motor bekas tentu lebih berisiko dibandingkan dengan membeli yang baru. Tak hati-hati, Anda bisa saja tertipu dengan kondisi motor yang sudah tak 'sehat' terutama untuk urusan mesinnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Memang diperlukan keahlian tertentu jika Anda tak ingin tertipu saat membeli motor bekas. Namun bagi Anda yang memang tak punya kemampuan untuk mengenali kondisi mesin motor dapat memanfaatkan tips sederhana ini.

Menurut Rinto seorang mekanik di sebuah bengkel di Ciputat, sebenarnya ada cara mudah mengetahui kondisi mesin motor. "Cara mudahnya, motor yang sehat itu waktu gasnya dibuka terus ditutup kembali tetap hidup," kata Rinto kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lebih lanjut Rinto menjelaskan bahwa motor yang kondisi bagus ditandai dengan suara mesin dan langsam yang bagus juga. Dan untuk mengetahui hal tersebut, Anda hanya perlu menarik tuas gas saat mesin hidup hingga putaran tinggi alias digeber.

"Setelah itu lepaskan gas dan perhatikan putaran mesin apakah langsam atau tidak. Biasanya, motor bekas yang kondisinya tidak bagus langsung drop bahkan tak jarang langsung mati," terang Rinto.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurut Rinto, drop atau mesin mati itu bukan karena setelan gasnya dibuat besar, tapi menandakan ada komponen di dalam mesin yang geraknya macet atau bisa jadi karburatornya memang bermasalah.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022