Cara Pasang Pelek Aftermarket di Renault Kwid

Renault Kwid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Tak semua mobil memiliki pelek dengan jumlah lubang baut standar. Salah satunya Renault Kwid, yang hanya memakai tiga baut untuk mengencangkan rodanya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Alhasil, pemilik Kwid kesusahan saat hendak mengganti pelek dengan model lain yang lebih sesuai dengan selera mereka.

Aldhy M Siregar selaku Marketing Manager Sinar Agung Mulia, importir pelek mobil JF Luxury mengatakan, ada tiga cara yang bisa dilakukan pemilik Kwid untuk memasang pelek aftermarket di mobil mereka.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Begini, mungkin pernah tahu mobil Smart, itu juga tiga baut. Biasanya, pelek yang diubah. Misalnya, beli pelek yang lubang empat, terus ditambah ‘daging’. Kemudian dilubangi lagi. Custom pelek jadinya," ujar Aldhy saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta.

Selain modifikasi pelek, pemilik mobil juga bisa menambahkan adaptor pada bagian pitch center diameter (PCD), yang disesuaikan dengan jumlah dan jarak lubang pada pelek aftermarket.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ada cara lain, bisa juga pakai adaptor. PCD asli tiga baut, diberi adaptor tambahan agar bisa untuk empat baut,” ujarnya menjelaskan.

Cara terakhir adalah dengan memodifikasi mur untuk dudukan pelek. Dengan cara ini, bagian roda harus dibongkar untuk dirancang dan diukur ulang, guna menyesuaikan dengan pelek baru.

"Ada juga yang mur di dalam lahernya diubah, ditambah bahan jadi empat baut. Saya enggak rekomendasi, kalau patah akan membahayakan." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya