Tips Aman Motor Matik agar Tak Mogok Terobos Banjir

Sejumlah pengendara sepeda motor mendorong kendaraannya yang mogok akibat banjir di jalur alternatif Gedebage Kota, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 28 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sejumlah wilayah lain di Indonesia tentu menghambat para pengendara sepeda motor untuk sampai ke tujuan. Sebagian pengendara motor masih memilih untuk menerabas banjir dengan berbagai alasan, salah satunya agar cepat sampai ke tempat tujuan. Agar motor tetap aman saat melewati genangan air, pengendara wajib mengetahui batasannya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Untuk semua jenis motor harus tahu batasan aman saat melewati genangan air. Air tidak boleh melewati filter udara," kata Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Zahid kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Jumat, 24 Februari 2017.

Dia mengungkapkan, jika genangan air masuk ke dalam filter udara dan bercampur dengan udara yang tersedot, maka bisa dipastikan motor bakal ngadat alias brebet karena kandungan air sudah terlalu banyak. Maka itu, filter udara harus benar-benar diperhatikan jika genangan benar-benar dalam. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Apalagi motor matik, saringan udara yang penuh dengan air, hisapan udara akan terganggu dan menyebabkan tarikan mesin menjadi berat," ujar Zahid.

Semakin sering motor dipakai melintasi genangan air saat musim hujan, maka bisa-bisa air akan masuk memenuhi saringan udara melalui lubang dari cover. Hal itu bisa jadi masalah bila pemilik tak melakukan cek rutin.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Risiko yang paling parah adalah air masuk ke mesin dan bisa membuat motor menjadi turun mesin. Bisa jadi air bisa menempel di injektor dan menyebabkan mampet," katanya. (ase)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022