Mobil Murah Pedesaan Bakal Punya Merek Sendiri

Mobil pedesaan yang pernah dipamerkan di IIMS 2010 lalu. Ilustrasi.
Sumber :
  • Gustomobil

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian saat ini sedang berkonsentrasi terhadap proyek mobil pedesaan. Prototipe kendaraan niaga ringan itu bakal rampung pada Agustus tahun ini.

Wah, Ada Bayi Namanya Mirip Mobil Pedesaan

Direktur Jenderal Industri Mesin, Alat, Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan, mobil pedesaan nantinya bakal punya merek sendiri. "Tapi kan sekarang begini, apakah kriteria bisa terpenuhi, misal memenuhi komponen lokal, melibatkan sekian UKM, melibatkan sekian SMK dan yang bikin orang-orang pedesaan," kata Putu, di Jakarta, Jumat, 24 Februari 2017.

Kementeriannya, lanjut dia, membuka kesempatan bagi berbagai pihak untuk memproduksi mobil pedesaan. Produsen otomotif di Tanah Air juga diharapkan ikut berpartisipasi dalam proyek pemerintah itu. "Sekarang konsepnya membantu mobilitas di pedesaan, nanti kita bikin kriteria siapa yang mampu dan mereka juga dipersyaratkan untuk SMK setempat, tujuannya adalah untuk meningkatkan kemandirian orang-orang di pedesaan," ujarnya.

Kendaraan Pak Tani Ikut Kontes Modifikasi

Mobil berkapasitas mesin di bawah 1.000 cc itu nantinya bakal terdiri dari beberapa varian yang dibanderol dengan harga mulai termurah hingga termahal, namun diklaim bisa dijangkau oleh masyarakat. "Kriteria yang murah kan ada, ada varian paling murah hingga varian yang paling mahal. Kita bukan mau bikin mobil, kita mau bikin prototipe yang nanti bisa diproduksi oleh siapa pun. Nanti kita akan buat kriteria ke yang akan melakukan produksi massal seperti apa," katanya.
 

Modifikasi AMMDes

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Menggunakan AMMDes.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2020