Keunggulan Bahan Suede, Kabin Mobil Terlihat Lebih Mewah

Bahan suede
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Saat hendak mendandani interior mobil, biasanya bahan kulit atau semikulit menjadi pilihan. Namun, kini tampilan mobil bisa menjadi lebih mewah dengan menggunakan bahan suede.

Ingin Pasang TV di Mobil LCGC, Ini Kisaran Harganya

Founder Indonesia Autohorized Trimmer Summit (IATS), Oscar Widjaja mengatakan, salah satu bahan suede seperti brand Alcantara memiliki perbedaan dibandingkan bahan kulit.

"Kalau bahan kulit kan dari hewan yang diproses dengan buffing, tebalnya awal 4 mm lalu kemudian di-splitting sehingga memiliki ketebalan 1,2 mm sesuai spek otomotif. Tapi ini saat dipakai melapis dasbor misalnya, enggak akan serapi dan serata bahan suede," ujarnya ditemui di Autopro, Jakarta, Jumat 24 Februari 2017.

Kenali Beda Stiker Iklan Mobil dengan Stiker Aksesori

Bahan suede memiliki kelenturan yang lebih baik dibandingkan kulit sehingga tidak masalah saat dipakai untuk melapis bagian kabin yang memiliki banyak lekukan.

"Kalau Alcantara sangat rata dan kelenturannya didesain sebagai bahan pelapis. Kedua, kalau bahan kulit karena sedikit glossy dia masih memantulkan cahaya matahari, tapi Alcantara menyerap keseluruhan dan lekukan lebih bagus," katanya.

Mobil Tak Ada Dongkrak dan Ban Serep Siap-siap Kena Sanksi

Selain itu, bahan suede ini termyata memiliki karakter yang membuat kabin lebih mewah ketimbang menggunakan pelapis kulit.

"Ada feel mewahnya, dan terasanya lembut banget. Nah, pencinta otomotif terutama yang suka balap, bisa terasa alcantara ini grip-nya lebih kencang daripada bahan kulit. Makanya ini biasa dipakai di supercar kayak Ferrari, Lamborghini, mewah, gripnya dapat dan lebih ringan," katanya. (One)

Fortuner (kiri) dan Pajero (kanan). Ilustrasi.

Pajero dan Fortuner Ingin Terlihat Sangar, Lakukan Cara Ini

Mengganti dengan bumper besi.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2018