Cara Mudah Bikin Kabin Mobil Terasa Mewah dan Nyaman

Kombinasi bahan kulit dan suede pada jok mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Untuk menciptakan kenyamanan di dalam mobil, pemilik kerap mengganti pelapis jok, panel pintu, dasbor, dan setir dengan bahan kulit atau semikulit.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kulit memang cenderung dingin jika bersentuhan dengan kulit, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada interior mobil. Namun, bahan ini cenderung memberi kesan kaku.

Salah satu solusi untuk menghilangkan kesan tersebut adalah dengan mengombinasikan bahan suede. Berbeda dari kulit, bahan suede memunculkan kesan mewah dan lembut, bila sudah diaplikasikan pada kabin mobil.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Pendiri Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS), Oscar Widjaja, mengatakan, mengaplikasikan bahan suede membuat mobil terasa jauh lebih mewah dan nyaman.

"Ada rasa mewahnya, dan yang pasti lebih lembut dibandingkan bahan kulit. Terus, dia enggak licin. Jadi, untuk penggemar otomotif khususnya balap, enak buat grip, kayak di setir," kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sayangnya, suede tidak bisa diaplikasikan secara sembarangan di kabin. 

"Biasanya untuk Mercy dan BMW itu dipasang di plafon, lalu di sisi belakang. Mobil lainnya di dasbor dan setir. Kalau jok, biasanya dikombinasikan dengan bahan kulit. Untuk proses jahitan dan segala macamnya, jelas berbeda dengan bahan kulit," kata dia. (one)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022