TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Modifikasi Civic Nouva Klasik, Pensiunan Ajang Balap

Kalem tapi bertenaga.
Modifikasi Civic Nouva Klasik, Pensiunan Ajang Balap
Modifikasi Honda Civic. (viva.co.id/Jeffry Sudibyo)

VIVA.co.id – Honda Civic generasi keempat, yang diproduksi selama 1988-1991, cukup legendaris. Saat itu, Honda sebenarnya bukan hanya menawarkan versi sedan saja. Pabrikan mobil asal Jepang itu juga meluncurkan versi hatchback dua pintu, yakni Civic Nouva.  

Jadi tidak heran jika peminat hatchback lawas ini sampai sekarang masih banyak. Salah satunya Ricky Dianto, yang memanfaatkan Nouva lansiran 1990 miliknya untuk balapan. Alasannya, selain karena mudah di oprek, barang-barang racingnya pun mudah dicari.

“Sebenarnya tema modifikasi ini street use aja awalnya buat balap jadi saya ganti mesin dengan K20 (mesin 2.000 cc milik Civic type R tahun 2007). Pun dengan interior saya ubah keseluruhan dashboard custom, speedometer dan jok milik Civic Type R,” ujar Ricky kepada VIVA.co.id.

Nah, karena mesin ini cukup mempunyai dimensi blok yang lebih besar maka ia pun mengakalinya dengan membeli mounting kit satu set dari Amerika, untuk dudukannya. “Kap mesin juga saya ubah karena jenong banget mesinnya agak tinggi, jadi saya custom lagi biar bisa ditutup,” katanya.

Namun saat ini mobil Civic kesayangannya ini telah pensiun dari balap touring, meski tenaga yang dihasilkan saat ini mencapai 300 horse power. Menurut Ricky, mobil ini hanya untuk kontes saja.

“Kaki-kaki untuk bushing sudah ganti banyak seperti kusko, pillow ball bushing, dan suspensi saya adopsi Aragosta 3 way, karena pada intinya mobil ini untuk balap toruing, jadi suspensi saya cocokan. Untuk velg dan ban juga saya ganti bukan versi sirkuit lagi,” lanjut dia.

Agar tampilan klasiknya menonjol, wiraswastawan ini mengubahnya dengan warna hijau classic. Kata dia, awalnya hitam sebelum berganti warna british green racing. Sementara body kit pun tak luput dari perhatian dengan menyematkan lips bumper depan, side skirt dan spoiler Osaka JDM (Japanese Domestic Market).

Sebagai informasi, Nouva miliknya meraih gelar juara Ultimate Builder versi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Top 30 Modified Cars di ajang Autopro 2017.

Data modifikasi

Mesin : Honda Civic Type R 2.000 cc

Velg depan/belakang: Barramundi R16 x 8 inci

Ban depan/belakang: Toyo Proxes VR16 195/50

Bodi kit : OEM Honda

Spoiler: Osaka JDM

Cat : British green racing (Hijau)

Suspensi: Aragosta Type-SS 3 way

Pillow ball bushing: Cusco

Dashboard: Custom

Jok depan: Honda Civic Type R

Speedometer: Honda Civic Type R

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP