Cara Bikin Bodi Mobil Bebas Noda dengan Minyak Tanah

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Kondisi jalan dengan kualitas aspal yang kurang baik dapat membawa dampak buruk pada eksterior mobil. Percikan aspal yang mengelupas sering menempel di bagian bawah bodi atau pelek dan menimbulkan noda.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kalau dibiarkan dalam waktu lama, bintik-bintik hitam aspal tentu akan merusak keindahan eksterior mobil yang kita miliki. Nah, agar tampilan mobil tetap bersih dan menarik, sebaiknya lakukan pembersihan noda aspal secara rutin.

Dilansir dari Astraworld, Senin, 27 Februari 2017, untuk menghilangkan noda aspal, jangan mencuci mobil dengan menggosok berulang-ulang pada bagian yang terdapat noda aspalnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Membersihkan noda aspal dapat menggunakan minyak tanah. Cairan tersebut tidak akan membuat cat mobil kusam atau mengelupas, asalkan proses pembersihan dilakukan dengan benar.

Cara pembersihannya cukup sederhana. Siapkan alat dan bahan pembersih, yakni kain halus yang bersih, kuas, dan minyak tanah. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Awali dengan membersihkan bodi dan pelek mobil dari noda aspal dengan air, lalu keringkan. Semprot atau oleskan minyak tanah pada bagian yang terdapat noda aspal. Diamkan sekitar lima menit, agar cairan tersebut bekerja.

Setelah lima menit, biasanya aspal akan melunak. Lanjutkan proses pembersihan dengan mengangkat aspal yang melunak menggunakan kain halus.

Apabila masih ada sisa aspal yang tertinggal, ulangi proses yang sama untuk mengangkat percikan aspal, sampai benar-benar bersih. Untuk proses akhir, cuci kembali bodi menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil, bilas sampai bersih, lalu keringkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya