Tak Ekspor Mobil, Honda Indonesia Santai

Pabrik perakitan mobil Honda.
Sumber :
  • Inautonews

VIVA.co.id – Selama beroperasi di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor memproduksi mobil Honda dan komponennya. Namun, mobil yang dibuat hanya khusus dipasarkan di dalam negeri, tidak diekspor.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Tidak mengirim kendaraan secara utuh untuk negara lain, HPM mengaku memiliki strategi khusus terkait hal tersebut. 

"Strategi kami berbeda. Honda itu filosofinya, di mana ada permintaan, dia mau produksi. Jadi, masing-masing negara diberikan kapasitas produksi tertentu. Untuk ekspor, kami lakukan hanya komponen. Ekspor komponen itu justru lebih tinggi nilainya (dibanding ekspor mobil utuh)," kata Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM, Jonfis Fandy, di Karawang, Jawa Barat.

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Ia juga mengatakan, tahun ini HPM optimistis akan mencapai target nilai ekspor hingga Rp2,5 triliun. "Tahun lalu nilainya Rp2,2 triliun. Tahun ini rencananya jadi Rp2,5 triliun," ujarnya.

Saat disinggung mengenai komponen model apa saja yang diekspor, Jonfis menjelaskan sedikitnya terdapat tiga model. "Model seperti keluarga Jazz, Mobilio dan CR-V," tuturnya.

Bukan Esemka, Ini Mobil yang Diekspor dan Bikin Bangga Jokowi

Sebagai informasi, Honda memulai produksi di Indonesia pada Februari 2003 silam. Pabrik pertama dibangun di atas lahan seluas 512.500 meter persegi dan luas bangunan 80.324 meter persegi. Memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun, investasi yang digelontorkan saat itu mencapai Rp700 miliar. 

Pada 2012, HPM kembali mendirikan pabrik kedua dengan total luas bangunan 145.760 meter persegi. Investasi untuk pabrik tersebut mencapai Rp3,1 triliun. Diresmikan pada Januari 2014, kapasitas produksi mencapai 200 ribu unit per tahun.

All New Honda BR-V dipamerkan di Medan.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

PT Honda Prospect Motor (HPM) sejauh ini sudah 7 negara yang diekspor All New Honda BR-V buatan Indonesia dari 30 negara yang tertarik diekspor juga.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2022