Kenapa Tidur di Mobil Bahaya saat Mesin dan AC Menyala?

Tidur di mobil.
Sumber :
  • www.kesekolah.com

VIVA.co.id – Bagi sebagian orang, tidur di mobil merupakan solusi untuk mengusir kantuk saat berkendara. Hal itu memang sangat dianjurkan, karena kantuk saat mengemudi akan berbahaya dan berisiko tinggi terhadap kecelakaan.

Tetapi ada beberapa kasus buruk menimpa sejumlah orang yang tidur di mobil. Mereka meninggal karena memilih tidur dengan mesin menyala dan tetap mengaktifkan Air Conditioner (AC).

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Service Head PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha, mengatakan, penyebab kasus meninggal saat mesin menyala dan AC hidup, akibat keluarnya gas karbon monoksida (CO) dari mesin mobil. "Itu karena keluarnya CO yang keluar dari kabin mobil. Kenapa keluar? Karena sistem pembuangan yang tidak berfungsi dengan baik dari pipa pembuangan yang tak dirawat alias bocor," katanya saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Riecky menjelaskan, ketika seseorang menghidupkan AC dalam waktu lama saat mobil dalam kondisi diam dan tertutup, akan membuat sirkulasi udara tidak berjalan. Sehingga gas karbon monoksida akan terakumulasi di dalam mobil dan lama kelamaan menjadi penyebab kematian.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Secara teoritis, karbon monoksida memang sangat cepat menyingkirkan oksigen, sehingga menghalangi hemoglobin darah mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh hingga ke paru-paru dan otak. Hasilnya, tentu suplai oksigen yang didapatkan oleh pengemudi berkurang dan bisa berbahaya bagi jaringan dalam tubuh dan mengakibatkan kematian.

Umumnya, kata dia, kendaraan yang kerap mengalami kebocoran pipa pembuangan dan masuk ke kabin adalah mobil tahun tua. "Coba kalau dilihat kasusnya, rata-rata mobil tua ya. Karena biasanya sudah ada karat, knalpot berkarat sehingga CO masuk. Tetapi kalau kondisi normal, mobil baru misalkan, sebetulnya tak ada masalah, mau dua jam, tiga jam juga, asalkan normal."
 
Dia menyarankan agar pemilik mobil lebih baik membuka kaca saat ingin tidur di kabin kendaraan, untuk sirkulasi udara. "Bukan saat diam saja, tapi setiap jalan jauh juga penting dalam waktu dua jam membuka kaca, untuk sirkulasi udara," katanya. (one)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022