Ban Masa Depan Berbentuk Bola, Parkir Tak Repot

Ban bulat buatan Goodyear.
Sumber :
  • Goodyear

VIVA.co.id – Perusahaan ban ternama Goodyear belum lama ini mengungkapkan terobosan baru mereka yang hingga kini terus dikembangkan. Produk itu merupakan ban masa depan dengan bentuk tak biasa.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Apabila biasanya ban berbentuk lingkaran, kini Goodyear membuat ban berbentuk bola. Dengan ban tersebut, mobil yang bakal mengadopsinya bisa melakukan ultra-manuver, sepeti bergerak ke samping, dan segala arah, serta memudahkan saat parkir di tempat sempit sekalipun.

Dilansir Dailymailban bulat ini tampak seperti BB-8 di film Star Wars. Ban itu nantinya akan dbenamkan teknologi aktif, yang memungkinkan ban untuk bergerak sesuai dengan keperluan untuk mengurangi potensi bahaya seperti meluncur begitu saja.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Goodyear pernah menampilkan ban purwarupa bernama Eagle-360 itu di ajang Geneva Motor Show, akhir 2016. Perusahaan menyebut, ban ini akan digunakan pada mobil-mobil autonomous --bisa mengemudi sendiri tanpa bantuan sopir. Eagle 360 mengandalkan levitasi magnetik, sehingga kenyamanan penumpang meningkat dan mengurangi kebisingan di jalan raya.

Ban bulat buatan Goodyear.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Ada juga sensor yang tertanam dalam ban untuk meningkatkan keamanan agar bisa mengetahui kondisi cuaca, serta kontrol kendaraan pada mobil lain di dekatnya. "Pada mobil autonomous, ban ini akan memainkan peran yang lebih penting sebagai penghubung utama  di jalan raya," kata Senior Vice President and Chief Technical Officer Goodyear, Joseph Zekoski.

Ban bulat buatan Goodyear.

Karena berbentuk bulat seperti bola, tentu mobil-mobil akan butuh penyesuaian, di mana juga berpengaruh pada mekanisme kerjanya. Ban bulat tersebut otomatis mengeliminasi dua hal penting, gardan, dan pelek. Keduanya juga akan hilang, disusul dengan kampas rem dan kaliper. Penggeraknya nanti akan mengandalkan sistem magnetik.

Lihat videonya:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya