Intip Spesifikasi Moge Pengawal Raja Salman

Moge Honda Gold Wing yang dipakai untuk mengawal Raja Salman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Raja Arab Saudi, Salman Salman bin Abdulaziz Al Saud, melawat ke Indonesia. Ada tiga kota yang dikunjunginya bersama dengan rombongan, Jakarta, Bogor, dan Bali.

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Kedatangan orang nomor satu di Arab Saudi itu mendapat pengawalan yang sangat ketat dari oleh aparat gabungan TNI dan Polri. 

Sepanjang perjalanannya ke Istana Bogor kemarin, Rabu 1 Maret 2017, iring-iringan konvoi dikawal oleh barisan motor gede (moge) Honda Gold Wing.

Harley-Davidson Siapkan Moge Murah Lagi Usai Luncurkan X440

Motor buatan Jepang, dengan berat ratusan kilogram itu terlihat sangat gagah dan keren. Apalagi, yang menunggangi motor itu adalah dari satuan Polisi Militer (PM).

"Ini motor Honda Gold Wing. (Impor) buatan Jepang," kata seorang PM berseragam hijau, saat ditemui VIVA.co.id di depan Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 2 Maret 2017.

Pria Ini Dilindas Moge Ratusan Kali demi Rekor Dunia

Berdasarkan pantauan, sembilan moge disediakan di dekat pintu masuk Hotel Raffles, siap mengantar rombongan Raja Salman ke gedung DPR/MPR dan agenda lainnya.

Hal ini pun langsung menarik perhatian para pejalan kaki ,atau pun pengguna jalan di Kuningan. Salah satunya bernama Lisa (22). Pengguna jalan ini menyempatkan diri mengeluarkan telepon genggam yang ada di dalam tasnya untuk mengambil gambar moge berwarna putih tersebut. 

"Ini banyak banget. Biasanya, saya lihat paling satu, atau dua, tetapi sekarang ini ada banyak dan diparkir berjejer. Keren lihatnya," ujar Lisa.

Pejalan kaki mengambil foto moge yang digunakan untuk mengawal Raja Salman.

Pejalan kaki mengambil foto moge yang dipakai untuk mengawal Raja Salman (Foto: VIVA.co.id/Anwar Sadat)

Sebagai informasi, Gold Wing adalah moge buatan Honda yang didesain untuk perjalanan jarak jauh. Versi yang digunakan untuk mengawal Raja Salman menggendong mesin enam silinder bekapasitas 1.832cc dan sudah dibekali penyuplai bahan bakar injeksi.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 117 daya kuda. Transmisinya berbeda dengan motor pada umumnya, yakni manual lima percepatan dan dibekali dengan satu gigi mundur. Aksesori standar yang tersedia, yakni penghangat setang dan jok, sistem hiburan dengan pengeras suara serta alat komunikasi.

Selanjutnya....ada juga moge Yamaha

Selain Gold Wing, terlihat pula beberapa moge naked, alias tanpa fairing meluncur di sisi kiri dan kanan rombongan, saat Raja Salman menuju ke Istana Bogor kemarin.

Motor yang dimaksud adalah yang biasa dipakai Pasukan Pengamanan Presiden untuk mengawal mobil Mercedes S600 Guard berpelat nomor RI 1. Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, satu orang bertugas membawa sepeda motor tersebut, sedangkan seorang lainnya duduk tegap dengan senapan serbu di tangannya.

Mereka bertugas untuk membelah jalur dan memastikan, jika sang kepala negara mendapatkan jalan tanpa hambatan, karena masuk dalam kategori Very-very Important Person (VVIP).

Dua moge Yamaha pengawal Jokowi.

Dua moge Yamaha yang digunakan untuk mengawal Presiden Jokowi (Foto: Youtube)

Mantan Asisstant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur mengatakan, motor yang digunakan oleh pengawal presiden merupakan motor khusus yang harus dibeli dengan menggunakan surat negara terlebih dahulu.

"Motor yang digunakan itu pastinya spesifikasinya khusus pengawalan. Jadi, kalau mau beli harus ada surat dari Setneg (Sekretariat Negara). Harga untuk motornya saya tidak tahu," kata Masykur kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Moge yang dimaksud adalah FZ1 Fazer. Moge ini diklaim memiliki tubuh yang ramping, sehingga memudahkan saat melintasi kota-kota besar di Indonesia, terlebih dengan tenaga besar dan perawatannya yang mudah.

FZ1 Fazer dibekali mesin empat-tak berkapasitas 998cc DOHC Fuel Injection. Soal tenaga, motor ini mampu menghasilkan tenaga buas sebesar 150 daya kuda dan torsi 106 Newton meter. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya