Menguak Teka-teki Mobil yang Ditumpangi Raja Salman

Kendaraan Raja Salman tiba di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selatan.
Sumber :

VIVA.co.id – Raja Arab Saudi, Salman Salman bin Abdulaziz Al Saud, resmi berkunjung ke Indonesia. Selain bertemu dengan Presiden Jokowi, Raja Salman juga menyempatkan diri mengunjungi Istana Bogor, Gedung DPR/MPR dan Masjid Istiqlal.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Kedatangan orang nomor satu di Arab Saudi itu cukup membuat heboh. Sebab, ia datang dengan ribuan orang dan barang bawaan yang beratnya mencapai ratusan ton.

Salah satu yang dibawa adalah mobilnya. Kendaraan ini cukup menyita perhatian, baik awak media maupun masyarakat Indonesia. Mobil yang dimaksud adalah sedan buatan pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz. Tipenya, seperti yang dimuat di banyak media, yakni Maybach S600 Pullman Guard.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Namun, menurut data yang ada di VIVA.co.id, seri Mercedes-Maybach S500 Pullman Guard baru saja diluncurkan pada September 2016 lalu. Dan menurut pihak Mercedes-Benz Indonesia, mobil tersebut baru bisa dikirim ke konsumen pada 2018 mendatang.

Lantas, apakah Raja Salman mendapat prioritas untuk mobil tersebut atau ia mengendarai Mercedes jenis lain?

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

“Maybach S600 Pullman Guard memang baru bisa dikirim 2018 mendatang. Yang dipakai Raja Salman itu versi lama, bukan model baru,” kata Business and Network Development Sales Operation Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia juga memastikan bahwa Raja Salman tidak mendapat prioritas untuk pembelian Maybach S600. “Tidak ada prioritas,” kata dia singkat.

Namun, ia tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai model dan spesifikasi mobil tersebut, karena pembeliannya bukan dilakukan di Indonesia.

Kepastian mengenai Raja Salman tidak menggunakan Maybach S600 model baru diperkuat dengan adanya perbedaan bodi antara dua mobil tersebut. Pada mobil yang ditumpangi Raja Salman, samping paling belakang menyatu dengan pintu.

Sementara, kaca samping pada Maybach S600 Pullman Guard terbaru terpisah dari pintu belakang. Selain itu, ukuran kaca tengah juga lebih kecil dibanding mobil Raja Salman.

Mercedes-Benz Maybach S600 Guard.

Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard

Jika melihat dari bentuknya, Mercedes yang digunakan Raja Arab itu berjenis Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini adalah pengembangan dari seri S600 Guard yang digunakan oleh Presiden Jokowi. Perbedaan ada pada panjang bodi mobil. “Seri Pullman itu berarti bodi dibuat lebih panjang, mirip limusin,” ungkap Kariyanto.

Fakta lain yang menguatkan mobil tersebut bukan seri Maybach adalah karena dulu Maybach menjadi merek sendiri, bukan jadi bagian dari Mercedes.

Namun saat penjualan Maybach terus menurun, Daimler selaku induk dua merek mobil mewah itu memutuskan untuk menggabungkan Maybach ke Mercedes. Nah, seri S600 yang diperkenalkan tahun lalu itu adalah kolaborasi perdana dari Mercedes dan Maybach.

VIVA.co.id coba mencari lebih jauh mengenai spesifikasi lengkap mobil tersebut. Namun hingga kini, belum ada jawaban dari Mercedes-Benz Jerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya