Cara Mudah Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil

ball joint pada kaki-kaki mobil.
Sumber :
  • Mercedesblogspot

VIVA.co.id – Usai banjir melanda Ibu Kota beberapa waktu terakhir, sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan. Jalanan yang berlubang tentu menghambat perjalanan, karena semua kendaraan harus berjalan perlahan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Jalan rusak dan berlubang menjadi momok yang mengerikan, terutama bagi pengendara kendaraan roda empat. Bila sering menghantam jalan rusak, tentu akan merusak komponen kaki-kaki mobil.

Kepala bengkel Astrido Toyota di Jakarta, Suryadi, mengungkapkan, mobil yang kerap menghantam jalan rusak akan menimbulkan kerusakan di sektor kaki-kaki.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Kebanyakan yang rentan atau sering rusak adalah long tie rod, tie rod end dan ball joint," kata Suryadi kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 7 Maret 2017.

Dia mengatakan, kerusakan pada sektor kaki-kaki bisa dideteksi para pengendara. Contohnya, kerusakan pada long tie rod dan tie rod end yakni muncul getaran pada setir atau roda kemudi saat mobil melaju di kecepatan sedang.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Getaran dirasakan pada setir kendaraan. Tidak bisa melaju dengan posisi tetap, setir akan ke kiri dan ke kanan. Posisinya tidak nyaman," ungkapnya.

Sedangkan untuk memeriksa kerusakan pada ball joint adalah dengan melihat ciri fisiknya. Karet ball joint yang rusak umumnya retak atau pecah, serta kondisinya kering karena semua pelumasnya sudah habis.

"Deteksi stabilizer bar link bisa diketahui dari timbulnya bunyi yang akan mengganggu, saat pengemudi berkendara di jalan rusak. Akan terdengar keras bunyinya," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya