Menguak Mitos Roda Harus Lurus Saat Mobil Diparkir

Mobil parkir di cuaca panas.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Saat parkir di tempat umum, biasanya pemilik mobil mengatur setir agar posisi roda lurus dengan garis batas. Ini dilakukan agar mobil terlihat lurus dan rapi saat ditinggalkan pemiliknya.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, mengatakan, posisi roda tidak melulu harus lurus saat mobil parkir. Contohnya saat parkir di jalanan yang menanjak atau menurun.

"Kalau parkir di tanjakan atau turunan, justru setirnya diposisikan belok. Ini untuk mengantisipasi jika suatu waktu rem mobil bermasalah dan tidak bisa menahan, atau saat itu mobil terdorong mobil lain," ujarnya.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Anjar mengatakan, jika posisi roda depan lurus, dikhawatirkan mobil akan terus meluncur saat tidak sengaja terdorong kendaraan lainnya. Sementara jika roda dibelokkan, maka hal itu akan bisa sedikit menahan kendaraan.

"Membeloknya ke arah trotoar (ke dalam), agar mobil tertahan ke pinggiran jalan,” jelasnya.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Soal isu bahwa posisi roda yang berbelok ketika parkir bisa merusak komponen kemudi, Anjar mengungkapkan hal tersebut tidak tepat. Ini lantaran mobil keluaran baru sudah mengadopsi model electric steering, sehingga tidak akan terganggu fungsinya.

"Kan sekarang ini setir mobil udah mengadopsi model electric power steering. Ketika mesin mobil mati, maka tekanannya hilang semua itu. Sebenarnya, mobil diparkir dengan posisi roda lurus itu lebih ke estetika, jadi terlihat rapi,” ungkapnya. (one)

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Viral di media sosial seorang pemilik mobil yang curhat karena merasa kena harga yang sangamahal saat mengganti ban mobil di salah satu bengkel di kawasan Puncak, Bogor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024