Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan pada Jok Kulit Sintetis

Membersihkan jok mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Salah satu faktor kenyamanan kabin mobil ada pada pelapis jok yang digunakan. Tak heran, para pemilik mobil rela merogoh kocek untuk mengganti pelapis jok dengan bahan lain yang lebih nyaman. Salah satunya yakni kulit sintetis.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain nyaman dan indah dipandang, jok kulit sintetis juga mudah dibersihkan saat terkena kotoran. Development Manager PT Polystar International selaku produsen kulit sintetis MBtech, Edi Pamungkas, mengungkapkan bahwa membersihkan pembungkus jok yang terbuat dari kulit sintetis cukup mudah, yaitu hanya menggunakan air biasa.

"Mudah kalau jok kulit, karena kan sifatnya tidak menyerap air. Misalnya terkena noda, langsung bersihkan pakai air dan menggunakan lap saja," katanya di Jakarta Pusat, Kamis 9 Maret 2017. 

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Selain itu, membersihkan jok kulit sintetis juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun bayi atau sabun cuci tangan yang banyak dijual di toko.

Sayangnya, pelapis kulit sintetis sulit dibersihkan jika terkena noda minyak atau pulpen. Sebab, kotoran berminyak seperti saus tomat bisa langsung menyerap dan merusak bagian pelapis jok kulit. Hal yang sama juga terjadi pada tinta pulpen.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau bisa, ketika kena itu langsung dibersihkan pakai air hangat dan lap. Jangan dibiarkan lama mengendap. Kalau kena pulpen, mending didiamkan. Kami belum menemukan formulanya. Kami juga pernah coba bersihkan, tapi tidak bisa," kata Edi.

"Kalau ada pembersih klaim bisa hilangkan noda pulpen, bersih dan lapisan masih bagus itu awalnya. Lama kelamaan, pasti akan merusak jok kulit," tambahnya. (ren)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022