TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan pada Jok Kulit Sintetis

Kulit sintetis dipilih karena bisa bikin nyaman dan terlihat bagus.
Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan pada Jok Kulit Sintetis
Membersihkan jok mobil. (Toyota)

VIVA.co.id – Salah satu faktor kenyamanan kabin mobil ada pada pelapis jok yang digunakan. Tak heran, para pemilik mobil rela merogoh kocek untuk mengganti pelapis jok dengan bahan lain yang lebih nyaman. Salah satunya yakni kulit sintetis.

Selain nyaman dan indah dipandang, jok kulit sintetis juga mudah dibersihkan saat terkena kotoran. Development Manager PT Polystar International selaku produsen kulit sintetis MBtech, Edi Pamungkas, mengungkapkan bahwa membersihkan pembungkus jok yang terbuat dari kulit sintetis cukup mudah, yaitu hanya menggunakan air biasa.

"Mudah kalau jok kulit, karena kan sifatnya tidak menyerap air. Misalnya terkena noda, langsung bersihkan pakai air dan menggunakan lap saja," katanya di Jakarta Pusat, Kamis 9 Maret 2017. 

Selain itu, membersihkan jok kulit sintetis juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun bayi atau sabun cuci tangan yang banyak dijual di toko.

Sayangnya, pelapis kulit sintetis sulit dibersihkan jika terkena noda minyak atau pulpen. Sebab, kotoran berminyak seperti saus tomat bisa langsung menyerap dan merusak bagian pelapis jok kulit. Hal yang sama juga terjadi pada tinta pulpen.

"Kalau bisa, ketika kena itu langsung dibersihkan pakai air hangat dan lap. Jangan dibiarkan lama mengendap. Kalau kena pulpen, mending didiamkan. Kami belum menemukan formulanya. Kami juga pernah coba bersihkan, tapi tidak bisa," kata Edi.

"Kalau ada pembersih klaim bisa hilangkan noda pulpen, bersih dan lapisan masih bagus itu awalnya. Lama kelamaan, pasti akan merusak jok kulit," tambahnya. (ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP