TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Bersihkan Lampu Mobil Pakai Pasta Gigi

Lampu mudah kusam dan menguning jika jarang dibersihkan.
Jangan Bersihkan Lampu Mobil Pakai Pasta Gigi
Bersihkan lampu mobil dengan pasta gigi. (Toyota)

VIVA.co.id – Seiring bertambahnya usia mobil, beberapa komponen mengalami penurunan kualitas. Tak terkecuali lampu utama atau head lamp. Bagian mikanya akan menjadi kusam dan menguning. Alhasil, lampu menjadi kurang terang.

Penggawa Bintang Mas Motor, Udin Syamsudin, mengatakan, selain usia mobil, ada beberapa faktor yang menyebabkan mika lampu mobil cepat kusam dan menguning. Salah satunya yakni sering terkena paparan sinar matahari.

"Kalau parkir, biasakan di tempat teduh. Jangan sering terkena sinar matahari langsung atau terlalu lama," kata Udin kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Tak hanya itu, ubahan pada bohlam lampu yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan, yakni daya yang lebih besar, akan membuat mika lebih cepat kusam. Hal itu akibat panas yang ditimbulkan menyebabkan perubahan warna.

"Makin tinggi dayanya, akan makin berpengaruh ke mika. Akan membentuk kerak, jadi cepat kusam," jelasnya

Faktor lainnya yakni pemilik kendaraan tak segera mencuci kendaraan saat mobil dalam keadaan kotor, seperti misalnya sehabis hujan. Menurut dia, kotoran yang masuk dalam serat menyebabkan mika cepat kusam dan menguning.

Untuk membersihkan noda tersebut, salah satu caranya yakni menggunakan kompon atau cairan pembersih lampu mobil secara merata. Oles dengan lap bersih dan pastikan benar-benar bening dan tidak ada lagi goresan.

"Bersihkan mika lampu mobil enggak bisa pakai pasta gigi. Kalau pakai pasta gigi, yang ada malah kusam. Karena, di pasta gigi ada kandungan bahan deterjennya," ungkapnya.

Selain itu, bisa juga dengan cara dipoles dengan menggunakan wax khusus untuk mobil. Digosok menggunakan lap halus dan bersih, hingga mika tampak jernih.

"Biar lebih kinclong lagi, pakai semir ban. Itu buat kinclong saja. Semir bahan silikon mencegah air menempel di mika," ujarnya. (one)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP