Jangan Bersihkan Lampu Mobil Pakai Pasta Gigi

Bersihkan lampu mobil dengan pasta gigi.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Seiring bertambahnya usia mobil, beberapa komponen mengalami penurunan kualitas. Tak terkecuali lampu utama atau head lamp. Bagian mikanya akan menjadi kusam dan menguning. Alhasil, lampu menjadi kurang terang.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Penggawa Bintang Mas Motor, Udin Syamsudin, mengatakan, selain usia mobil, ada beberapa faktor yang menyebabkan mika lampu mobil cepat kusam dan menguning. Salah satunya yakni sering terkena paparan sinar matahari.

"Kalau parkir, biasakan di tempat teduh. Jangan sering terkena sinar matahari langsung atau terlalu lama," kata Udin kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tak hanya itu, ubahan pada bohlam lampu yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan, yakni daya yang lebih besar, akan membuat mika lebih cepat kusam. Hal itu akibat panas yang ditimbulkan menyebabkan perubahan warna.

"Makin tinggi dayanya, akan makin berpengaruh ke mika. Akan membentuk kerak, jadi cepat kusam," jelasnya

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Faktor lainnya yakni pemilik kendaraan tak segera mencuci kendaraan saat mobil dalam keadaan kotor, seperti misalnya sehabis hujan. Menurut dia, kotoran yang masuk dalam serat menyebabkan mika cepat kusam dan menguning.

Untuk membersihkan noda tersebut, salah satu caranya yakni menggunakan kompon atau cairan pembersih lampu mobil secara merata. Oles dengan lap bersih dan pastikan benar-benar bening dan tidak ada lagi goresan.

"Bersihkan mika lampu mobil enggak bisa pakai pasta gigi. Kalau pakai pasta gigi, yang ada malah kusam. Karena, di pasta gigi ada kandungan bahan deterjennya," ungkapnya.

Selain itu, bisa juga dengan cara dipoles dengan menggunakan wax khusus untuk mobil. Digosok menggunakan lap halus dan bersih, hingga mika tampak jernih.

"Biar lebih kinclong lagi, pakai semir ban. Itu buat kinclong saja. Semir bahan silikon mencegah air menempel di mika," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya