Kenali Penyebab Cat Mobil Pudar, Banyak yang Tak Menyadari

Ilustrasi. Mencuci mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Seiring dengan berjalannya waktu tentu warna kendaraan mobil Anda akan memudar. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan warna mobil cepat pudar. Salah satunya cara perawatan Anda yang salah. 

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Nah dalam kesempatan ini, VIVA.co.id akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan warna memudar. Menurut Technical Support Meguiars Indonesia, Deni Yohanes, setidaknya ada beberapa faktor utama yang menyebabkan cat mobil mudah kusam alias tak lagi berkilau.

Pertama, yaitu dari cara mencuci kendaraan. "Itu lumrah, biasanya kan banyak pengendara yang pakai sampo pembersih bodi tidak beraturan, dari bawah ke atas jadi kotoran kebawa sampai ke atas," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Kedua, penggunaan sampo yang tidak sesuai dengan spesifikasi cat mobil juga ikut berpengaruh. Sebab, kadar cat mobil harus sesuai agar tidak mudah terkelupas. "Apalagi pas pakai sabun terus didiamkan lama dahulu tidak langsung dibilas, itu berpengaruh terhadap cat," ujarnya.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk segera keringkan sisa air setelah mencuci mobil dengan benar. Jika mobil terkena hujan, segera cuci atau siram dengan air biasa dan keringkan.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Ketiga, dari segi air yang digunakan untuk mencuci mobil. Jika kualitasnya kurang baik, maka berpengaruh terhadap kualitas cat kendaraan. "Soalnya, kualitas air beda-beda. Kalau misalkan kurang baik terus dibiarkan mengering dengan sendirinya di permukaan cat mobil, akan membuat warna cat memudar dan muncul jamur," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022