Berapa Beban Maksimal yang Bisa Ditanggung Sepeda Motor?

Motor matik untuk angkut galon.
Sumber :
  • Olx.co.id

VIVA.co.id – Sering dijumpai pengendara motor membawa barang dengan ukuran yang besar dan berat. Hal ini terjadi baik di kota maupun desa. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sepeda motor memiliki batas tertentu untuk bisa digunakan membawa barang.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan, beban maksimal pada setiap jenis sepeda motor berbeda-beda. Skuter matik merupakan segmen yang mampu menbawa beban maksimal terkecil, dibandingkan motor bebek dan sport.

"Beban itu tergantung dari model motor. Matik, mungkin dengan pembonceng, itu sekitar 120 kilogram (kg). Sedangkan untuk bebek dan sport itu lebih tinggi lagi," katanya kepada VIVA.co.id.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Muhammad juga mengungkapkan, membawa beban terlalu berat dapat berdampak negatif bagi pengendara dan kendaraan yang digunakan.

"Selain berbahaya bagi pengendara, hal pertama yang sering kena dampaknya itu kinerja mesin. Lalu roda, pengereman, bensin sudah pasti lebih boros, shockbreaker. Kalau roda, itu bicara soal bearing dan ban," jelasnya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Aturan membawa beban sebenarnya sudah tertuang dalam peraturan lalu lintas. Sayangnya, hal itu kerap disepelekan oleh pengguna motor. Alhasil, tidak jarang mereka diberhentikan oleh polisi lalu lintas dan diberi peringatan maupun sanksi. (mus)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022