Tarif Listrik Naik, Harga Mobil Ikutan

VIVAnews - Kenaikan tarif dasar listrik yang diperkirakan akan mencapai 30 persen pada 2010 berpotensi mendongkrak harga kendaraan lebih tinggi.

"Kenaikan tarif listrik 30 persen bukan main buat kami, tanpa kenaikan saja harga listrik sudah mahal," kata Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Kamis, 10 September 2009.

Menurutnya, kenaikan tarif listrik akan kontraproduktif bagi sektor riil. "Dampaknya negatif ke sektor riil dan efeknya akan menjalar kemana-mana termasuk ke harga produknya nanti," kata dia.

Biaya energi di industri otomotif diperkirakan mencapai 10 persen dari total biaya produksi. 

Penjualan kendaraan bermotor pada Juli 2009 sudah mulai membaik. Sepanjang Juli, penjualan mobil nasional telah mencapai 41.884 unit. Ini merupakan angka tertinggi bulanan sepanjang tahun ini.

Data yang diperoleh VIVAnews dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), Jumat 21 Agustus 2009, total penjualan sejak Januari hingga Juli telah mencapai 252.130 unit.


hadi.suprapto@vivanews.com

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United
Politisi DPP PKB, Daniel Johan

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ketua DPP BERANI, Lorens Manuputty menyoroti tiga krisis yang terjadi di Indonesia saat pelantikan tersebut. Menurut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis yang

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024