Bodi Motor Pecah Disulap Kembali Mulus, Biayanya?

Proses reparasi bodi motor yang rusak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Mengembalikan tampilan bodi motor yang lecet maupun retak sehabis kecelakaan rupanya tak sesulit yang dibayangkan. Di beberapa penjual suku cadang bekas di sepanjang Jalan Raya Bogor Km 27, Jakarta Timur, menerima jasa memperbaiki bodi motor yang rusak atau pecah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ato, seorang pedagang suku cadang bekas sekaligus ahli reparasi bodi motor, menyebut jasanya ini banyak dimanfaatkan orang yang punya dana terbatas. Ia juga memastikan semua tipe motor dapat disulap kembali mulus di tempatnya.

"Ya, semua jenis motor bisa mau motor itu cuma lecet sampai yang pecah bodinya bisa diperbaiki. Kadang pembeli yang minta diperbaiki saja yang uangnya kurang," kata Ato kepada VIVA.co.id di Jakarta Timur, Senin 13 Maret 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk memperbaiki bodi motor yang lecet dan retak tidak sulit. Untuk bodi yang lecet hanya dilakukan pendempulan. Sedangkan untuk bodi motor yang pecah dilakukan penyolderan dan pendempulan.

"Kalau yang lecet paling didempul pakai dempulan San Polac yang biasa dipakai dempul motor dan mobil. Kalau bodi motor pecah disolder dulu baru didempul," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Memperbaiki bodi motor yang lecet hanya membutuhkan waktu 30 menit, sedangkan bila bodi rusak memakan waktu setengah hari atau sekitar lima jam. Tergantung kondisi kerusakannya.

"Kalau bodi retak parah diperbaikinnya setengah harian. Bisa ditinggal. Harga untuk memperbaiki bodi motor yang lecet tergantung yang nawar, kalau bodi pecah sekitar Rp100 ribu," katanya. (one)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022