TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Sepele, Tapi Ini Bisa Bikin Bodi Motor Berdecit

Seiring usia pemakaian, motor pun kerap mengalami sejumlah masalah.
Sepele, Tapi Ini Bisa Bikin Bodi Motor Berdecit
Proses reparasi bodi motor yang rusak. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Bodi merupakan perangkat utama pada sepeda motor. Disebut perangkat utama, lantaran bodi melindungi bagian dalam kendaraan berbagai dari cuaca hingga menambah estetika pada motor.

Seiring usia pemakaian, motor pun kerap mengalami sejumlah masalah salah satunya adalah timbul bunyi berisik saat motor sedang dikendarai apalagi sangat terasa jika diajak melintas di jalan rusak atau tidak rata.

Apa penyebabnya?

Kepala mekanik Astra Honda Authorized Service Station Stanley Sibuea mengungkapkan bodi motor berbunyi lantaran pemilik terlalu sering membiarkan baut kendor.

"Masang bautnya enggak kencang sewaktu membuka bodi. Bisa juga karena motor keseringan diparkir di tempat panas sehingga bodi rengat atau berubah bentuk," kata Stanley kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 13 Maret 2017.

Dia mengungkapkan baut juga bisa kendor karena tunggangan kerap dihajar melintas di jalan rusak. Stanley menyarankan pemilik motor untuk rutin cek baut motor dan segera mengencangkan baut itu.

"Kalau bautnya patah, mending diganti. Baut bisa patah karena motor enggak sanggup menahan beban motor, itu biasa terjadi pada motor yang dijadikan motor kargo," ujarnya.

Untuk mengencangkan baut, ada sedikit trik agar dapat melekat lebih lama. Caranya adalah menggunakan sealant. Sebelum memasang baut, berikan sealant di ulir baut. Hal ini membuat baut lebih merekat sehingga lebih kuat. Sederhana tapi efektif.

"Iya bisa sendiri tapi kalau memang mau dicek, ke bengkel ongkos jasanya cuma Rp30 – 50 ribu," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP