23 Ribu Mobil Agya Bisa Terbeli dari Uang Korupsi E-KTP

Toyota Agya.
Sumber :
  • Dokumentasi TAM

VIVA.co.id – Kerugian negara yang diperkirakan mencapai Rp2,3 triliun dalam korupsi e-KTP yang kini tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini tengah menyedot perhatian publik. Selain jumlah kerugian yang sangat besar, kasus ini juga menyeret nama-nama anggota dewan hingga menteri. 

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Ya, dari dana proyek yang dikucurkan senilai Rp5,9 triliun itu, sebanyak Rp2,3 triliun ternyata dibagi-bagikan ke kantong-kantong pribadi. Dalam kesempatan ini, VIVA.co.id mencoba membandingkan jumlah rupiah yang ‘dicuri’ ini jika dipergunakan untuk membeli kendaraan mewah seperti Ferrari hingga kendaraan mobil LCGC.

Memiliki harga sekitar Rp10 miliar, Ferrari 458 Italia Spider merupakan salah satu supercar favorit saat ini di Indonesia. Nah, dengan uang mencapai RP2,3 triliun tentu saja membeli ratusan mobil ini bukan perkara sulit. Diperoleh sebanyak 230 unit Ferrari akan terbeli jika menggunakan uang sebanyak itu.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Ilustrasi mobil Ferrari. (GT Spirit)

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

Untuk mobil LCGC, Toyota Agya yang memiliki kisaran harga mulai dari Rp100 jutaan, misalnya, uang Rp2,3 triliun bisa membeli 23 ribu mobil Agya.

Nah, melihat catatan ini tentu sangat dimengerti jika kasus korupsi e-KTP ini menyedot perhatian masyarakat. (hd)

Agus Rahardjo

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan motif mantan Ketua KPK Agus Rahardjo yang menyebut Jokowi intervensi kasus e-KTP

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023