TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Menjaga Airbrush pada Motor Tetap Kinclong

Cat airbrush beda dengan cat normal. Ada cara khusus merawatnya.
Tips Menjaga Airbrush pada Motor Tetap Kinclong
Airbrush sepeda motor (viva.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – Pengecatan dengan menggunakan teknik airbrush memang bisa membuat tampilan kendaraan kesayangan menjadi lebih menarik dan beda dengan yang lain. Namun, jika Anda tidak merawatnya dengan benar, jangan heran kalau cat airbrush akan pudar dan rusak.

Jadi harus ada perawatan khusus yang mesti diperhatikan, agar tampilan airbrush tetap cerah. Kali ini, tips diberikan pemilik bengkel Tantra Studio di Jakarta Selatan, Aat Cakra.

Menurutnya, karena cat airbrush beda dengan cat normal, mesti ada cara khusus yang wajib dilakukan demi menjaga performa gambar airbrush tetap kinclong.

"Mesti perawatan cat pada umumnya hampir sama, walaupun yang sudah dicat dengan teknik airbrush atau belum, tapi tentu ada cara khusus merawatnya, karena beda," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Pertama, yang harus diperhatikan dalam merawat cat airbrush yaitu dalam satu bulan pertama setelah di-airbrush, usahakan untuk tidak terkena cahaya matahari terlebih dulu. "Kedua, usahakan jangan mencuci di tempat yang panas, karena air dan sabun akan cepat mengering dan bisa menimbulkan flek," ujarnya.

Ketiga, jangan terlalu banyak melakukan pemolesan, karena bahan yang digunakan akan cepat mengikis partikel-partikel pernis. "Memang kalau untuk proteksi cat itu tergantung dari bahan yang digunakan. Kalau bisa gunakan polesan yang bahannya seperti 3M, silicon glaze, agar cat tetap mengkilap," ujarnya.

Terakhir, jika ingin mencuci motor usahakan untuk meminimalisasi penggunaan sabun. Sebab, cukup berpengaruh terhadap cepat pudarnya warna cat. Jadi hanya cukup semprot dengan air dan dikeringkan dengan kanebo.

"Satu lagi, jangan salah atau asal saat menggunakan lap untuk memoles cat. Karena akan menimbulkan garis-garis halus," katanya. (art)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP