Mengintip Mobil Super Mewah Pejabat Rusia

Kortezh, mobil bikinan Rusia yang akan dipakai Presiden Vladimir Putin
Sumber :
  • Ist.

VIVA.co.id – Russia tidak mau kalah saing dengan Amerika Serikat dalam memberi fasilitas kemewahan bagi jajaran pejabat negaranya, termasuk memberikan mobil yang digunakan untuk kendaraan dinas menteri dan keluarganya.

Mercedes-Benz yang Jadi Mobil Dinas Presiden, Servisnya di Mana Sih?

Menurut lansiran MoscowTimes, mobil ini memang belum dibagi-bagikan karena baru tahap produksi.

Russia memberi nama proyek ini dengan sebutan Kortezh. Pada 2016 saja, proyek ini telah menelan dana US$54 juta atau setara Rp720 miliar. Mobil ini rencananya juga akan dipakai Presiden Vladimir Putin.

Jokowi Bakal Pakai Mobil Dinas Baru, Nasib yang Lama Bagaimana?

Proyek miliaran ini tidak hanya melahirkan limosin. Tapi juga sedan, SUV, dan minivan.

Untuk rancang bangunnya, Rusia melibatkab Porsche untuk pengembangan powertrain. Sedangkan penggarap utama adalah Central Scientific Research dan Automotive Engines Institute (NAMI) yang berbasis di Moskow.

Alasan Mobil Presiden Tak Disebutkan Spesifikasi dan Harganya

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Denis Manturov mengatakan, untuk mesin masih belum bisa dikonfirmasi. Tapi diperkirakan keempat mobil tersebut salah satunya akan menggendong mesin V12 turbo yang mampu menyemburkan tenaga 800 daya kuda.

Nantinya, jika 200 unit pertama selesai diproduksi, unit yang pertama kali menerimanya adalah Presiden Putin. “Sekitar akhir 2017 hingga awal 2018", ujar Manturov seperti dikutip Carscoops, Sabtu 18 Maret 2017.

Sebagai informasi, Russia juga berencana memproduksi mobil ini sebanyak 4.000-5.000 unit. Jika Anda berkantong tebal tentu saja bisa memboyongnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya