TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Sepelekan Kotoran Burung di Mobil, Ternyata Bahaya

Kotoran burung dikenal dapat merusak lapisan cat.
Jangan Sepelekan Kotoran Burung di Mobil, Ternyata Bahaya
Kotoran burung menempel di mobil (Autoblog)

VIVA.co.id – Kebanyakan pemilik kendaraan, khususnya mobil, pasti memilih tempat parkir terbaik pada saat udara panas menyergap. Salah satunya di bawah pohon rindang. Namun kebiasaan ini ternyata sangat berbahaya.

Selain ancaman tertimpa pohon, masalah lain yang ditemui yakni mobil terkena kotoran burung. Kondisi itu tentu menjadi momok menakutkan bagi cat kendaraan. Sebab, kotoran burung dikenal dapat merusak lapisan cat.

Technical Support Meguiars Indonesia, Deni Yohanes, mengatakan cepat rusaknya cat mobil karena kotoran burung diakibatkan karena zat asam yang dikandung sangat tinggi.

"Tinggi dia (kotoran burung) zat asamnya, tentu hasilnya akan membekas di cat apabila kita diamkan terlalu lama. Apalagi didiamkan terus kena matahari, membuatnya mengeras dan rusak ke cat mobil," kata Deni saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Menurut Deni, jika pemilik mobil sudah melihat kotoran burung menempel, usahakan untuk segera mengelapnya dengan air bersih. Jangan menggunakan tisu ataupun didiamkan.

"Jangan pakai tisu, soalnya kotoran burung terdapat serpihan batu, hasilnya justru yang ada jadi lecet. Apalagi didiamkan, karena nanti yang ada nyerep ke pernis. Kalau seminggu dua minggu diamkan, berbekas, maka harus diamplas kalau kelamaan," katanya.

"Kenapa diamplas? Karena kotoran burung sifatnya meresap dan membuat cacat si catnya, karena bagian luar kena. Satu satunya cara menghilangkannya itu dengan mengamplas. Makanya, kalau sudah ketemu kotoran di bodi mobil tiga atau dua hari langsung bikin hilang.” (ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP