TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab Susah Oper Persneling Motor dan Solusinya

Bila dibiarkan, bisa mengakibatkan kecelakaan.
Penyebab Susah Oper Persneling Motor dan Solusinya
Ilustrasi kabel gas dan kopling di sepeda motor (Welovehonda)

VIVA.co.id – Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada sepeda motor yaitu persneling yang keras atau gigi transmisi susah masuk.

Kondisi seperti ini jelas sangat membahayakan, terutama saat hendak mendahului kendaraan lain. Lambatnya perpindahan gigi transmisi bisa berakibat akselerasi berkurang, sehingga motor gagal mendahului. Bila dipaksakan, maka bisa terjadi kecelakaan.

Kepala Mekanik Honda Wahana Makmur Sejati (WMS) di Jakarta Pusat, Timbul menjelaskan, setidaknya terdapat tiga penyebab kerasnya perpindahan transmisi. Pertama, yaitu karena jarak renggang tuas persneling terlalu sempit. 

"Pengaturan jarak renggang cukup berpengaruh. Jika terlalu renggang, membuat pindah gigi sulit. Idealnya jarak itu tiga milimeter," katanya kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 20 Maret 2017. 

Kedua, menurut Timbul, macetnya persneling motor akibat tuas pendorong kopling yang sudah mulai rusak. Kata dia, jika tuas sudah tidak berfungsi, akan membuat susahnya pengendara mengoper gigi. 

"Jika bola penekan tuas otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan, meski mur dan baut jarak renggang sudah diatur. Kalau sudah begini, harus diganti dengan yang baru," ujarnya. 

Selanjutnya, penyebab susahnya perpindahan persneling yaitu karena pelat kopling yang sudah bengkok atau rusak. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas kopling jadi tidak maksimal. Alhasil, transmisi yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

"Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, pemilik bisa melihatnya dari tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling, atau kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah melengkung, sebaiknya diganti," tuturnya. 

Terakhir, jika susahnya perpindahan transmisi terjadi di motor jenis sport, coba cek tuas transmisi motor. Berbeda dengan jenis bebek, di motor sport terdapat semacam besi penghubung antara poros transmisi dan tuas ganti gigi. 

"Bisa jadi penyebab susah ganti gigi atau tuas transmisi motor macet karena tuas transmisi motor ini kotor dan berkarat. Mengatasinya gampang, cukup pakai gemuk atau pelumas," katanya. 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP