Rem Tangan Rusak, Ini Alternatif Cara Parkir di Tanjakan

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Salah satu kebiasaan yang dilakukan pengemudi untuk memastikan mobil tidak bergerak saat parkir di jalan yang menanjak atau menurun adalah mengaktifkan rem tangan.

Polda Metro dan Dishub Kaji Aturan Kepemilikan Garasi untuk Syarat Perpanjang STNK hingga SIM

Namun, ada juga beberapa pengemudi yang memilih untuk menempatkan tuas transmisi pada posisi gigi satu. Hal ini biasanya dilakukan pada mobil bertransmisi manual. Namun, apakah ada efek samping dari kebiasaan tersebut?

Menurut Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, menempatkan tuas trasnmisi pada posisi gigi satu bukan sesuatu yang haram untuk dilakukan.

Gokil! Viral Video Bocah Usia 3 Tahun Pamer Bawa Ferrari SF90 Milik Orang Tuanya

"Dari faktor safety, saat parkir di tanjakan atau turunan diganjal dengan memasukkan gigi (transmisi) itu benar. Itu menambah tingkat keamanan mobil saat diparkir," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 20 Maret 2017.

Menurut Anjar, dalam posisi parkir menanjak atau menurun, mobil tetap terpengaruh gaya gravitasi, sehingga dikhawatirkan bisa meluncur turun. Menahan dengan memasukkan gigi transmisi menjadi salah satu alternatif, bila rem tangan tidak berfungsi dengan baik.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Rem tangan atau rem parkir, kata dia, tetap menjadi prioritas utama untuk menahan mobil. Pabrikan sudah menghitung kekuatan rem tangan, bahkan untuk menahan laju mobil dalam kondisi di tanjakan.

"Rem itu cuma menahan saja kan. Kalau khawatir mobilnya terdorong, salah satu bantuannya ya dengan gigi transmisi. Cuma ya tolong diingat, saat mesin mobil dihidupkan, itu gigi masih masuk. Takutnya loncat saat mobil distarter," kata dia. (one)

Viral istri lebih mahir parkirkan mobil ketimbang suaminya

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Seorang wanita pemilik akun TikTok @titinmukadaroh yang dilihat VIVA Otomotif, Jumat 11 April 2024, dia membagikan momen saat dirinya parkir mobil karena suami tak mahir.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024