Mobil Mogok Karena Mesin Jarang Dibersihkan?

Baru dibeli mobil Corvette Z06 langsung mogok
Sumber :
  • Carsbuzz

VIVA.co.id – Salah satu komponen mobil yang wajib dicek dan dibersihkan adalah bagian mesin. Mesin merupakan bagian paling vital pada tiap kendaraan. 

Ibu Terpidana Mati Kasus Narkoba Mary Jane Mohon Jokowi Bebaskan Putrinya

Namun, karena letaknya yang berada di dalam dan tertutup, terkadang pemilik malas membersihkannya. Bahkan, ada beberapa pemilik mobil yang sudah sampai kaget saat melihat kondisi mesin yang kotor akibat jadi sarang tikus.

Ada pula beberapa pemilik kendaraan yang khawatir, kotoran di bagian mesin bisa mengganggu kinerja dan membuat mobil sering mogok. Benarkah anggapan tersebu?

Jokowi Bertolak ke Riyadh Hadiri KTT OKI Bahas Situasi Gaza, Lanjut ke AS Temui Joe Biden

Technical Service Executive Cordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi menjelaskan, pada dasarnya tidak ada ketentuan kapan pemilik harus membersihkan mesin kendaraannya. Hanya saja, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya dilakukan secara berkala.

"Kalau tidak dibersihkan juga sebetulnya tidak apa-apa. Tergantung dari masing-masing pemilik saja. Tapi, konteksnya lebih pada menjaga kebersihan saja," katanya kepada VIVA.co.id

Tak Cuma Baliho Ganjar-Mahfud, Satpol PP Bali Copot Semua Atribut di Lokasi Kunjungan Jokowi

Anjar menjelaskan, meski letaknya di balik kap, sebenarnya pemilik mobil bisa membersihkan mesin mobil dengan mudah. Hal itu juga dapat dilakukan sendiri di rumah.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi. Jika pemilik ingin membersihkan bagian mesin, sebaiknya dengan lap saja, jangan menggunakan air bertekanan. Sebab, bagian mesin mempunyai sistem kelistrikan yang rentan korsleting.

"Untuk pembersihannya, minimal satu minggu dua kali, tergantung kondisi cuaca. Disesuaikan juga," tuturnya. (hd)

Foto mobil mogok oleh Carbuzz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya