Pemula, Kapan Seharusnya Anda Lihat Spion?

Ilustrasi kaca spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Tidak mungkin jika Anda mengemudikan mobil tanpa bantuan spion. Tiga cermin yang berada di kanan, kiri, dan tengah ini sangat membantu pengemudi menentukan arah.

Puncak Harinya Hyundai Beri Ragam Keseruan untuk Warga Jakarta

Tapi, karena konsentrasi kerap luntur, spion pun sering terabaikan. Sehingga kecelakaan pun terjadi, bisa tertabrak dari samping, atau sebagainya.

Lantas bagaimana cara perhatikan spion yang benar?

Begini Cara Aman Berkendara dengan Motor Listrik

Rommy Radianto, Safety Driving Datsun Indonesia, mengatakan, spion tengah di dalam mobil wajib dilirik setiap 5-10 detik sekali saat berkendara dalam kota yang ramai. Pun dengan spion di kanan dan kiri, juga tak kalah penting.

“Kalau spion kanan/kiri itu kita lihat kalau jalanan benar-benar ramai saja. Misalnya saat macet karena banyak kendaraan yang lewat tanpa kita ketahui,” ujarnya kepada VIVA.co.id di Makassar, Senin, 20 Maret 2017.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurutnya, kalau spion kiri melihatnya lebih lama. Karena spion ini sudah mewakili semua area bagian belakang dan samping kiri.

Kalau spion kanan hanya butuh perhatian 20 detik sekali, tapi melihatnya jangan terlalu lama, cukup diintip saja. "Kalau di tol malah spion kanan atau kiri jarang dilihat, fokus ke depan dan sesekali belakang saja,” katanya.

Hari H: Harinya Hyundai di Jakarta

Great Enthusiasm for the Hyundai Festival in Jakarta

Hyundai Motors Indonesia (HMID) is offering a variety of fun through the Hari H festival: The Day of Hyundai this weekend at the Gandaria City Mall, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2023