TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Gunakan Lampu Hazard Saat Konvoi, Boleh Tidak?

Rupanya, hal itu sebenarnya tidak dibenarkan.
Gunakan Lampu Hazard Saat Konvoi, Boleh Tidak?
Lampu hazard

VIVA.co.id – Masih banyak yang menyalahartikan atau kurang paham fungsi lampu saat berkendara, terutama ketika melakukan touring. Tak jarang kita temui orang yang tengah konvoi menggunakan lampu hazard. Rupanya, hal itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Rommy Radianto, Safety Driving Datsun Indonesia mengatakan, yang paling benar saat konvoi itu tidak menggunakan lampu hazard karena fungsi lampu hazard ini hanya untuk darurat atau emergency saja. Kata dia, masih banyak orang yang salah mengartikan lampu hazard.

“Tapi di negara kita kalau konvoi atau hujan deras sering menyalakan hazard padahal di safety driving itu dilarang (karena membuat pengendara lain terkecoh),” katanya kepada VIVA.co.id di Makassar, Senin 20 Maret 2017.

Menurutnya, lampu hazard itu berfungsi hanya saat kendaraan berhenti. Sementara, kalau konvoi atau touring lampu yang wajib dinyalakan minimal foglamp atau lampu dekat meskipun itu dilakukan (berjalan) pada siang hari.

“Jadi kalau untuk mobil yang belum mempunyai foglamp, bisa menyalakan lampu besar. Karena fungsi lampu menyala memang untuk menandakan bahwa kita seragam jadi terlihat sama oleh kendaraan lain,” katanya. (hd)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP