Masih Banyak yang Bingung Fungsi Tutup Pentil Ban

Tutup pentil ban kendaraan
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Masih banyak yang menganggap tutup pentil ban tak terlalu penting bagi sebuah kendaraan. Padahal, benda mungil ini atau yang juga biasa disebut valve cap ternyata memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan.

Tutup Pentil Ban, Kecil tapi Perannya Sangat Penting

Bentuknya yang mungil, sering kali tak terlalu dihiraukan pemilik kendaraan. Apabila tutup pentil hilang dianggap bukan sebuah masalah besar dan sering kali dibiarkan saja. Namun hal itu sebenarnya sangat merugikan. Apa sebenarnya fungsi tutup pentil?

Menanggapi hal tersebut, Tech Training Sub Dept Head Technical Service Division PT Daya Adicipta Motor, Bandung, Ade Rohman, menjelaskan bila fungsi utama tutup pentil adalah menjaga tekanan angin pada ban agar tidak mudah kempes.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Selain itu, tutup pentil juga berfungsi untuk mencegah kotoran masuk ke pentil sehingga tidak mudah korosi (kerusakan atau degradasi logam),” katanya.

Pasalnya, dalam jangka panjang, korosi ini bisa merusak bagian lain dari ban, mulai dari per dan penonjok (puncher) yang ujung-ujungnya justru membuat Anda rugi besar. (one)

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022