Mobil Yaris Versi Paling Buas Bakal Masuk Indonesia, Kapan?

Toyota Yaris GRMN
Sumber :
  • Motor1

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor, selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia, berencana menambah produk barunya di kelas hatchback. Yaris Gazoo Racing Master of Nurburgring, atau GRMN yang merupakan hasil pengembangan ini bakal segera masuk ke Tanah Air.

Toyota Hadirkan Yaris GR Sport Hybrid Edisi Khusus, Bonus PS5

Kepastian itu diungkapkan Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi VIVA.co.id. Menurutnya, alasan kenapa dibawanya mobil bertenaga buas itu ke Indonesia, untuk memenuhi instruksi prinsipal dalam mengembangkan varian sport di seluruh dunia.

"Kalau kami sih, maunya dibawa ke sini. Tetapi, kami masih dalam tahap studi sampai saat ini," kata Soerjopranoto.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Rencananya, ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dipilih sebagai panggung utama debutnya di Indonesia. Dengan hadirnya varian baru ini, tentu menambah ketat persaingan mobil hatchback dipasaran. "Mudah-mudahan keburu (diluncurkan di GIIAS), kan kami masih studi soal ubahannya juga sama," ujarnya.

Sebelumnya, City Car andalan Toyota ini juga telah dipamerkan secara perdana di ajang Geneva Motor Show yang digelar 9-19 Maret 2017 lalu dan sukses menyedot perhatian pengunjung.

Hadir di RI Sore Ini, Bocoran Harga Toyota Voxy Baru Bikin Kaget

Sejumlah ubahan pun diterapkan pada model baru ini. Salah satunya yaitu dari segi mesinnya yang kini bukan lagi 1.500cc, tetapi naik menjadi 1.800cc empat silinder. Uniknya, jika sebagian besar pesaingnya menggunakan turbocharged, Yaris GRMN justru dilengkapi dengan supercharger.

Di mana, mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 205 horse power yang dialirkan dari roda depan lewat transmisi manual enam kecepatan.

Yaris Gazoo terbaru ini juga telah dipasangkan suspensi yang lebih rendah dengan guncangan sachs dan anti-roll bar yang bertujuan untuk kenyamanan saat ban mencengkram aspal, atau pun ketika mengikuti relli. Semuanya dikemas dengan tambahan bar struktural yang diposisikan antara suspensi depan, agar tidak kaku saat melahap berbagai medan.

Untuk model WRC-nya sendiri sudah ditambah dengan fitur torsen-style limited slip differential guna membantu mendapatkan traksi yang maksimal. Sedangkan kaki-kaki ditunjang rem cakram yang sudah dilengkapi dengan kaliper empat piston di depan, semuanya dikemas dalam paduan pelek berdimensi 17 inci keluaran BBS.

Berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan, mobil ini nantinya akan bersaing dengan merek Eropa seperti Ford Fiesta ST, VW Polo GTI, dan Renaultsport Clio. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya