Ini Kerugian Motor Matik Menurut Mekanik Bengkel

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Banyaknya model kendaraan roda dua saat ini membuat sebagian orang bingung menentukan pilihan. Salah satu contohnya adalah saat mereka harus memilih antara motor bertransmisi manual atau matik.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Fenomena motor matik hingga saat ini membuat banyak orang beralih ke model tersebut. Alasannya sederhana, motor matik mudah dioperasikan dan nyaman digunakan di jalur macet.

Namun, bagaimana dengan kekuatannya? Banyak yang menyangsikan bahwa motor matik bisa dipakai hingga belasan tahun. Alasannya, komponen yang digunakan tidak didesain untuk bisa beroperasi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Malu Bertanya, Pengendara Motor Dapat Pengalaman Luar Biasa

Menurut Kepala Mekanik Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad, motor dengan transmisi matik biasanya berumur lebih pendek ketimbang motor manual.

"Kalau dilihat dari mesin, motor manual atau yang menggunakan gigi usianya lebih panjang dibandingkan motor matik," kata Ahmad kepada VIVA.co.id.

Sepeda Motor Baru Yamaha, dan Imbas Arogansi Pengendara Moge

Menurut dia, asumsi itu diperoleh dari banyaknya kasus kerusakan yang dialami motor matik, dibandingkan dengan motor bebek yang memiliki usia sama. Angka itu diperoleh dari jumlah konsumen yang datang ke bengkelnya.

"Mesin matik itu biasanya lebih sering ada pergantian onderdil. Tetapi, semua kembali lagi kepada penggunanya, bagaimana dengan rutinitas yang dilakukan dalam merawat motor tersebut," kata dia. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022