Parkir Mobil dengan Cara Masukkan Tuas Transmisi, Amankah?

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Pada mobil manual, tuas transmisi kerap diposisikan ke gigi 1 oleh pengemudi untuk mencegah mundur atau meluncur saat kendaraan hendak diparkir. Nah yang jadi pertanyaan, boleh atau tidak parkir mobil menggunakan cara seperti itu?

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Menurut Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosadi, mengganjal mobil saat parkir dengan cara memasukkan gigi atau gear memang tidak salah. Bahkan jika dilihat dari sisi safety, hal ini sangat aman terlebih jika rem tangan sudah kurang berfungsi.

“Tapi yang pasti cara ini enggak disarankan ya. Menahan mobil pakai gear memang hanya untuk antisipasi kalau ada kegagalan rem tangan saja," ujar Anjar Rosadi kepada VIVA.co.id.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Namun Anjar menyarankan, pemilik mobil tetap harus menggunakan rem tangan saat parkir sehingga beban mobil sepenuhnya ditahan rem tangan, bukan gear transmisi yang harus bekerja menahan beban laju mobil.

Yang paling keliru, kata Anjar, jika pengemudi hanya mengandalkan gear saat parkir tanpa ada bantuan rem tangan atau rem parkir. "Nah itu ngawur. Tetap yang utama itu pakai rem tangan, gear cuma buat antisipasi. Bukan jadi yang utama untuk menahan," katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Namun Anjar menegaskan, mengganjal mobil dengan gear sebenarnya juga tidak terlalu berdampak negatif untuk jangka pendek. Tapi ia juga tak membantah untuk jangka panjang kemungkinan besar akan bersifat merusak.

“Enggak sampai gompal sih. Itu cuma contact patternnya jadi enggak mulus lagi, tapi ini jangka panjang sih ya dan belum terkonfirmasi secara langsung. Saat parkir, gear hanya tertekan di satu bagian dan itu bisa jadi ada bunyi. Tapi ini enggak langsung," kata Anjar.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022