Penyebab Motor Matik Sering Mogok Tiba-tiba

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id –Sebagian pemilik motor matik pernah mengalami kejadian mesin tiba-tiba mogok. Padahal, motor kondisinya masih terbilang prima dan usianya kurang dari lima tahun.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Lalu, apa penyebab mesin motor matik tiba-tiba mogok?

Department Head Technical Service Division PT Daya Adicipta Motor Bandung, Ade Rohman, mengatakan, umumnya mesin motor matik tidak mau berfungsi secara normal yakni karena ada permasalahan pada sistem pembakaran bensin.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Masalah yang sering terjadi pada sepeda motor matik, biasanya jarang digunakan pada putaran mesin tinggi atau kecepatan rata-rata 60-80 kilometer per jam (terutama kaum hawa),” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ia menjelaskan, kebiasaan tersebut mengakibatkan pembakaran di mesin kurang sempurna dan timbul kotoran karbon di ruang bakar.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

“Sewaktu-waktu, kotoran karbon bisa mengganjal bagian klep, sehingga kompresinya akan hilang dan sepeda motor akan mogok," tuturnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade menjelaskan, pengendara harus membuka busi dan memasukkan sedikit oli melalui lubang busi. Lalu, hidupkan mesin dengan menggunakan kick starter.

"Solusinya adalah dengan membuka busi, kemudian masukan oli sedikit demi sedikit ( kurang lebih 5cc). Lalu, kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan lap, sampai dirasakan kompresinya normal kembali. Pasang busi kembali dan hidupkan motor," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya