Tiga Manfaat Hidupkan Mesin Motor Pakai Starter Engkol

Hidupkan motor dengan kick starter.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Para pengguna sepeda motor, terutama model skuter matik, kebanyakan enggan menggunakan starter engkol untuk menghidupkan mesin.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Mereka biasanya lebih memilih menggunakan starter elektrik, dengan alasan mudah, cepat dan tidak perlu mengeluarkan tenaga besar. Namun, kebiasaan itu ternyata berdampak buruk pada daya tahan aki.

Kepala mekanik bengkel resmi motor Honda, Timbul, mengatakan, setiap kali pengguna motor menyalakan mesin dengan starter elektrik, maka arus listrik yang ditarik dari aki besarnya mencapai 500 Watt.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

"Kalau sering menghidupkan mesin langsung pakai starter elektrik, aki cepat drop," kata Timbul kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 23 Maret 2017.

Apalagi, kata dia, jika tunggangan jarang digunakan oleh pemiliknya. Saat menghidupkan mesin, motor yang jarang digunakan itu harus menggunakan starter engkol.

Pahami Penyebab Aki Motor Tidak Berfungsi dengan Baik

Alasannya, oli yang tersimpan di dalam mesin mengendap di bak penampungan. Sehingga, butuh starter engkol untuk membuat oli bersirkulasi sebelum mesin hidup.

"Selain membuat aki awet, pakai starter engkol juga menjaga engkol tetap awet. Ketika enggak pernah dipakai, akan muncul karat. Bila itu terjadi, saat diengkol enggak bisa balik," ujarnya. (ase)

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023