Kaki-kaki Mobil Bermasalah, Ini Tanda-tandanya

Komponen kaki-kaki mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jika mobil sering menghajar lubang tentu ada risiko yang perlu ditanggung yakni kerusakan pada sektor kaki-kaki. Terlebih mobil tersebut memang bukan diperuntukan untuk medan off road. Lantas komponen apa saja yang dapat rusak?

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Agit Prasetia, Kepala Teknisi diler Nissan Datsun Makassar, mengatakan, kalau mobil sering menghajar lubang tentu kerusakan yang dialami pada sektor kaki-kaki. Kata dia, bukan hanya satu komponen saja yang rusak tapi banyak.

"Itu lebih mengarah pada kaki-kaki, komponen yang rentang rusak lower arm, shockbreaker,  dan bushing stabilizer. Kalau lebih parah lagi cross member bisa rusak juga," ujarnya kepada VIVA.co.id di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 23 Maret 2017.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Lanjut dia, untuk tanda-tanda kerusakannya beragam. Untuk lower arm saat menginjak rem pasti 'nyentak' atau ketika jalan di permukaan yang tidak rata ada bunyi 'jeduk'. Pun dengan gejala bushing yang hampir mirip hanya saja rem tidak sampai bunyi.

"Kalau crooss member yang rusak bisa merembet dan bisa dirasakan ketika melewati polisi tidur, dan steering rack-nya bisa kena kalau ada suara seperti barang jatuh ke bawah. Kita bisa lihat secara visual dengan melihat karet-karetnya," sambungnya.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Menurutnya, memang kerusakan pada kaki-kaki ini tidak akan bisa dibenarkan sendiri, karena agak kompleks. "Paling yang bisa dibenarkan itu lower arm kalau rusak dan dalam kondisi darurat bisa diikat tambang," tuturnya.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022