Jangan Lakukan Hal ini Jika Starter Engkol Macet

Hidupkan motor dengan kick starter.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Berbagai masalah kerap dialami pengguna sepeda motor jenis skuter matik. Salah satunya yakni starter engkol yang sukar dioperasikan. Padahal, komponen ini berguna saat pemilik motor hendak menghidupkan mesin di pagi hari.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kepala mekanik bengkel resmi motor Honda, Timbul, mengungkapkan terkadang starter engkol terasa berat atau macet saat diinjak. Penyebabnya yakni adanya korosi atau karat pada bagian spindle kick, akibat starter tak pernah atau jarang digunakan.

"Bagian spindle kick berkarat. Spindle kick sebagai penerus ke gigi starter engkol," kata Timbul kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Macetnya starter engkol juga bisa disebabkan lantaran komponen pada continuously variable transmission (CVT), yaitu bagian per stopper gigi, kotor dan berdebu.

"Cara memerbaikinya, buka penutup CVT. Bersihkan dari kotoran debu. Setelah selesai, lumasi terlebih dahulu spindle kick-nya," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Timbul menyarankan, jika engkol keras atau seret, jangan dipaksa untuk dioperasikan. Sebab, dikhawatirkan hal itu akan membuat per yang menempel pada stater patah.

"Coba diengkol hingga lima. Kalau tetap macet, pakai starter elektrik dan kemudian dibawa jalan dulu saja. Tujuannya, agar stater engkol terlumasi," lanjut Timbul. (ren)

Hidupkan motor dengan kick starter.

Honda Tak lagi Pasang Starter Engkol di Motor Gara-gara Ini

Dari semua model motor matik yang sudah diluncurkan oleh Honda, ada beberapa yang tidak lagi dibekali dengan starter engkol.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2022