Keuntungan Mobil yang 'Ditanami' Mesin Turbo, Apa Saja?

Mesin turbo. Ilustrasi
Sumber :
  • Motortrends

VIVA.co.id – Mesin turbo saat ini banyak digunakan pada kendaraan baik mesin diesel maupun bensin. Maklum saja, mobil yang menggunakan mesin turbo memang dianggap punya kelebihan. Apakah itu?

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Salah satu keuntungannya, mobil akan lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Bahkan efisiensi bahan bakar mencapai 40 persen untuk mesin diesel dan 20 persen pada mesin berbahan bakar bensin.

"Hal ini membantu produsen otomotif untuk menggunakan mesin yang lebih kecil dan ramping namun memperlihatkan kemampuan laiknya mesin besar," kata Presiden Honeywell Indonesia, Alex Pollack, kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Selain itu mesin dengan fitur turbo punya kelebihan yakni meningkatkan tenaga mesin tanpa meningkatkan bobot kendaraan secara signifikan. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana sistem kerjanya?

Adapun cara kerjanya yaitu gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan dialihkan menuju sebuah turbin dengan tujuan untuk memutar baling-baling turbin yang dihubungkan dengan shaft kompresor.  

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Kompresor berfungsi menghisap udara dari luar dan meningkatkan tekanan udara kemudian dialirkan menuju intake manifold sehingga udara dalam ruang pembakaran menjadi bertekanan tinggi.

"Sehingga kadar udara yang masuki dalam ruang silinder menjadi lebih besar dan daya meningkat. Tenaga bisa meningkat sekitar 40 persen," ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, fitur turbo ini memiliki kelebihan menekan tingkat emisi dan polusi yang tidak baik untuk lingkungan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sebab turbo bermaterial ramah lingkungan.

"Turbo juga bisa membuat kinerja mesin lebih senyap, sehingga berkendara lebih nyaman. Sebab, dengan adanya turbo, biasanya suara dari intake bisa diredam," katanya. (one)

Renault telah menghadirkan Koleos untuk bersaing dengan kompetitor seperti Honda CR-V, Mazda CX-5, dan Nissan X-Trail.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya