Air AC Datsun GO Menetes di Kabin

Interior Datsun Go+ Edisi Lebaran.
Sumber :
  • Dok: Datsun

VIVA.co.id – Guna lebih memperkenalkan merek Datsun ke seluruh pelosok Tanah Air dan membuktikan tangguhnya mobil kelas Low Cost Green Car (LCGC) buatan mereka, Datsun Indonesia melakukan ekspedisi Datsun Risers Expedition.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

VIVA.co.id berkesempatan untuk turut hadir sebagai peserta di DRE 2, menjelajah ke sekitar wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dengan mengemudikan GO Panca. Karena Kota Angin Mamiri memiliki cuaca yang cukup panas, kami pun terus menggunakan pendingin udara (air conditioner atau AC) selama tiga hari perjalanan.

Tapi, ada yang aneh saat kamu menuju Pantai Tanjung Bira, Bulukumba. Keanehan yang dimaksud yakni adanya tetesan air dingin di bagian kaki. Dugaan pertama langsung tertuju pada AC yang mampet atau bocor.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Kepala Teknisi diler Nissan Datsun Makassar, Agit Prasetia, mengatakan, kemungkinan air AC bocor di dalam kabin itu satu banding 1.000. Meski begitu, ia mengaku pernah menangani konsumen yang mengalami kerusakan seperti itu.

Kata dia, konsumen itu datang ke diler dan mengadu bahwa lantai dalam kabin selalu basah. Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, ternyata tidak ada kerusakan pada evaporator dan freon AC. Sumber masalah yakni pada tutup evaporator yang renggang.

Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas

"Itu biasanya terlalu dingin, terus karet evaporator enggak rapat. Berbeda kalau freon bocor atau evaporator yang sudah kotor, AC tidak dingin dan keluarnya air bewarna hijau," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, air pembuangan banyak tertampung di penutup evaporator, sehingga sebagian menetes ke luar. "Efeknya tidak ada, hanya kenyamanan hilang. Kami pernah membetulkan, saya lem cover evaporatornya, karena tidak rapat," tuturnya. (hd)

VIVA Otomotif: Mobil parkir sembarangan ditabrak pemilik rumah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Berita yang membahas mengenai mobil hitam ditabrak berkali-kali dan Honda HR-V kena recall lagi, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023