TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Daftar Pejabat Negara yang Mengendarai Mobil Nasional

Mulai dari presiden hingga perdana menteri.
Daftar Pejabat Negara yang Mengendarai Mobil Nasional
Iring-iringan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Mereka menggunakan mobil nasional.  (Youtube)

VIVA.co.id – Mobil atau kendaraan yang biasa dipakai oleh pejabat negara sekelas presiden dan perdana menteri selalu jadi sorotan masyarakat. Umumnya, masyarakat ingin tahu merek mobil yang digunakan serta fitur canggih apa yang terpasang pada mobil tersebut.

Dari semua kepala negara dan perdana menteri yang ada di dunia, ada beberapa yang menggunakan mobil buatan negara mereka sendiri untuk beraktivitas sehari-hari.

Salah satu alasannya adalah karena mereka ingin membantu menyukseskan industri otomotif negara mereka. Apa yang mereka naiki secara tidak langsung akan dianggap sebagai lambang dari negara yang mereka pimpin.

Contohnya Malaysia. Berdasarkan aturan yang ada di negara tersebut, perdana menteri dan pejabat negara mendapat jatah mobil yang diproduksi oleh Proton. Itu sebabnya, seperti dilansir dari themalayonline.com, Jumat 24 Maret 2017, Perdana Menteri Najib Razak sehari-hari mengendarai Proton Perdana yang sudah dimodifikasi khusus.

Begitu pula dengan Kaisar Jepang, Akihito. Dilansir dari Carscoops, Akihito mendapat jatah mobil buatan Toyota, yakni Century Royal. Mobil tersebut dibuat khusus untuk Kaisar dan menghabiskan dana hingga US$500 ribu, atau setara dengan Rp6,6 miliar.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sehari-hari menumpang di mobil Toyota Century. Para pengawalnya menggunakan mobil Toyota Celsiors.

Presiden Ceko, Milos Zeman, saat ini memakai mobil Skoda Superb buatan negara tersebut. Skoda bahkan sudah menjadi mobil resmi kepresidenan Ceko selama 90 tahun.

Di Prancis, sehari-hari Presiden Francois Hollande terlihat duduk di kursi belakang Citroen C6. Semua presiden Prancis diberi kebebasan memilih di antara tiga merek mobil buatan negara tersebut, mulai dari Citroen, Peugeot hingga Renault.

Presiden Italia, Sergio Mattarella, mendapat jatah dua unit mobil buatan Lancia, yakni Thesis. Selain itu, Maserati Quattroporte juga disiapkan saat ia melakukan lawatan ke luar negeri. (ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP