Gunakan Cara Ini Agar Kaca Spion Bebas Bintik dan Noda

Ilustrasi kaca spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Salah satu komponen pada mobil yang kerap luput dari perhatian saat dibersihkan yakni kaca spion. Umumnya, pemilik mobil sekadar mengusapkan air sabun pada kaca spion luar dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sayangnya, terkadang hal itu dapat memunculkan noda dan bintik pada kaca. Hal itu terjadi karena kaca spion memerlukan perawatan khusus, tidak bisa disamakan dengan bodi dan pelek.

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, Senin 27 Maret 2017, munculnya bintik dan noda pada kaca spion adalah akibat penggunaan sabun yang tidak tepat dan juga suhu udara.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kaca spion yang sering berada di bawah sinar matahari langsung berpotensi jamuran. Sebab, cahaya matahari diketahui dapat membuat kotoran menempel semakin kuat.

Jika tidak segera dibersihkan, kotoran ini akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi jamur. Jika tidak dibersihkan dengan pembersih kaca yang baik, tentunya kotoran akan tetap menempel.

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Ketika hendak membersihkan kaca spion, pindahkan mobil ke tempat teduh dan jangan langsung dibersihkan. Tunggu hingga suhunya turun.

Jika langsung dibilas dengan air dingin, permukaan spion yang panas akan menyebabkan air menguap dengan sangat cepat. Alhasil, muncul bintik-bintik pada kaca.

Saat membersihkan noda, gunakan pembersih kaca yang dikhususkan untuk membersihkan kaca mobil. Jangan pilih pembersih serbaguna dengan banyak busa, karena pembersih jenis ini dapat meninggalkan goresan dan noda. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya