Terkuak, NASA Pernah Ciptakan Motor untuk Berjalan di Bulan

Sepeda motor NASA
Sumber :
  • morebikes

VIVA.co.id – Terungkap sebuah rahasia dari National Aeornautics and Space Administration (NASA) atau lembaga antariksa Amerika Serikat (AS). Pada tahun 1960-an, NASA rupanya pernah membuat beberapa sepeda motor untuk misi mereka di bulan.  

Menperin: Bantuan Rp 7 Juta Beli Motor Listrik untuk Dorong Produktivitas UMKM

Seperti dilansir Morebikes, Senin 27 Maret 2017, NASA rupanya pernah membuat dua motor untuk mendukung misi Apollo 15 di bulan. Selain menciptakan motor dengan mesin Honda CT90T, NASA juga pernah membuat sebuah motor listrik.

Dengan motor ini, NASA berharap para astronot dapat mengeksplorasi Bulan lebih jauh lagi dari modul lunar atau tempat pendaratan. Dan rupanya selama ini, rahasia tersebut dapat tersimpan rapat dan baru terkuak baru-baru ini.

Menperin Usulkan Tiga Opsi Kebijakan untuk Insentif Mobil Listrik

Usaha NASA ini juga dibuktikan dengan foto-foto yang beredar saat ini. Dalam foto itu, para astronot NASA tampak tengah menguji beberapa sepeda motor di bulan. Setelah menghadirkan Honda CT90T, NASA juga mencoba menciptakan motor listrik untuk di bulan.

Khusus untuk motor listriknya, NASA sebenarnya membuat sendiri motor berkekuatan 5 sampai 8 tenaga kuda itu dengan mengandalkan baterai 30 amp-hour. Namun dengan tidak adanya atmosfer di bulan, motor listrik ini menyerap panas dengan cara berbeda.

Pemerintah Sepakat, Insentif Kendaraan Listrik Berlaku Mulai Maret 2023

Insinyur NASA berimproviasi dengan menghadirkan sumber panas dari lilin lebah. Tentu saja, jika lilin mencair, astronot harus berhenti mengemudikan motornya sembari menunggu lilin kembali membeku. Sayangnya, info ini sempat tersimpan rapat hingga akhirnya terkuak baru-baru ini. (hd)

Ilustrasi mobil listrik

Wow! Sri Mulyani Anggarkan Rp 966 Juta untuk Pengadaan Mobil Listrik Eselon I

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menganggarkan, dana sebesar Rp 966 juta untuk kendaraan dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon I per unitnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2023