TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Video Hino Uji Coba Bus Tanpa Sopir

Bus dapat mendeteksi bila ada rintangan di depannya.
Video Hino Uji Coba Bus Tanpa Sopir
Bus otonom Hino. (Facebook)

VIVA.co.id – Teknologi otonom pada sektor otomotif tidak hanya diterapkan pada mobil penumpang saja. Teknologi masa depan itu juga dikembangkan oleh pabrikan pembuat bus asal Jepang, Hino.

Beberapa waktu lalu, Hino melakukan uji coba bus berteknologi otonom mereka di sejumlah ruas jalan yang ada di Jepang. Uji coba dilakukan untuk mengetahui seberapa aman teknologi tersebut dapat berfungsi di lalu lintas yang ramai.

Dilansir dari Techinasia, Rabu 29 Maret 2017, Hino mengunggah rekaman video uji coba bus tersebut ke dunia maya. Dalam tayangan berdurasi 58 detik itu, terlihat seorang wanita berusia lanjut melambaikan tangan hendak menyetop bus yang lewat.

Kelucuan pun terjadi, ketika wanita tua itu melihat tidak ada sopir yang mengendalikan bus. Raut mukanya menunjukkan kebingungan. Namun, ia akhirnya memutuskan untuk duduk di bangku penumpang.

Berkat adanya sensor di dalam kabin, komputer bisa mengetahui apakah penumpang telah menempati bangku yang tersedia. Jika sudah, maka komputer akan mulai menggerakkan bus melalui rute yang telah ditentukan. Sebagai penggeraknya, bus ini menggunakan mesin berbahan bakar gas.

Bus yang dikembangkan hasil kerja sama dengan Softbank ini diklaim mampu meluncur jauh lebih cepat dibanding bus otonom yang dikembangkan di Helsinki, Finlandia.

Sensor di bagian depan bus dapat mendeteksi apabila ada orang atau benda yang menghalangi jalan. Bus secara otomatis akan berhenti, sehingga kecelakaan bisa terhindari.

Anda dapat melihat videonya di bawah atau klik tautan ini:

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP