Komponen Mobil Ini Bisa Dicek Sendiri, Tak Perlu ke Bengkel

Pengecekan mobil
Sumber :
  • 88db.com

VIVA.co.id – Pemilik mobil keluaran baru tidak perlu khawatir akan perawatan berkala kendaraannya. Pasalnya, mobil-mobil baru memang sudah dirancang untuk tidak menyusahkan penggunanya.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

"Pabrikan mobil itu berusaha untuk perawatan berkalanya lebih mudah, kemudian jaraknya juga lebih panjang. Cukup ikuti panduan yang ada di predical maintenance Daihatsu selama 10 ribu kilometer atau 6 bulan untuk perawatan berkalanya," ujar Anjar Rosadi, Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Meski mudah dalam hal perawatan, kata Anjar, pemilik juga tetap memperhatikan beberapa komponen. Utamanya, komponen yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara seperti tekanan ban.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Kalau yang bisa dilakukan sendiri ya hal-hal sederhana ya. Semisal mengecek tekanan ban, kalau nunggu 10 ribu kilometer lama banget kan. Ini bisa dilakukan sendiri," kata Anjar.

Untuk yang mau sedikit repot membuka kap mesin, lanjut Anjar, bisa dilihat volume bermacam cairan yang ada seperti air wiper, aki (pada model aki basah), minyak rem dan radiator. Pemilik bisa melihat volume air di masing-masing tangki cadangan, atau di badan aki. Cairan-cairan tersebut harus berada dalam batas normal, tidak boleh kurang ataupun lebih dari yang sudah ditentukan.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Itu kan ada reservoir dilihat dari situ saja, kan ada batas maksimum dan minimum. Kalau kondisinya masih di tengah ya sudah enggak masalah, kalau di bawah batas minimum ya bisa ditambahkan sendiri," ujar Anjar. (one)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022