TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Sangarnya Tenaga Mobilio Turbo Pertama di Indonesia

Tenaganya kini 200 daya kuda.
Sangarnya Tenaga Mobilio Turbo Pertama di Indonesia
Honda Mobilio bertenaga beringas milik Evan. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Terlahir sebagai mobil keluarga tujuh penumpang bukan berarti Mobilio tak bisa diubah jadi tampil beringas. Seperti yang dilakukan pada Mobilio kelir perak yang satu ini.

Lantaran gandrung dengan tenaga besar, Evan, mahasiswa Jakarta, melakukan banyak perombakan mobil kesayangannya pada sektor dapur pacunya. Alhasil, kini ia sangat puas dengan Mobilio miliknya yang kental beraura balap.

Menurut Evan, Mobilio miliknya merupakan lansiran tahun 2015. Sejumlah jeroan mesin asal pabrikan digusur dan digantikan dengan produk racing. "Saya kurang puas saja dengan tenaganya, saya mengubah sektor mesin karena mesin hanya berkapasitas 1.500cc, dan ingin terlihat berbeda saja kalau lagi jalan dan ketemu mobil sejenis (Mobilio),” ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu 29 Maret 2017.

Tak cukup mengubah bagian jeroan mesin, Evan juga kemudian melirik pengaplikasian turbo pada mobil Multi Purpose Vehicle itu. Tentunya ini merupakan Mobilio pertama yang mengaplikasikan turbo pada mobil “sejuta umat” itu, tak cuma di Indonesia, namun Asia. 

Pemasangan diklaim tak begitu rumit dan bisa dibilang cukup instan. “Sebenarnya turbo hanya sebagai pendukung saja, karena mesin pun saya ubah total, mulai dari blok mesin, head, jalur bensin (injektor) sampai pengapian dengan menambah dastek. Untuk tenaganya naik jadi 200 horse power dan torsi 240 newton meter,” sambungnya.

Mobilio bermesin beringas milik Evan.

Selain mesin, ia juga menyulap berbagai tampilan standar dari Mobilio miliknya, di antaranya sektor kaki-kaki, dengan pembenaman pelek ATP Razze ring 18 dan dibalut ban Falken 215.

Sebagai informasi, beberapa tambahan suku cadang racing dan ubahan mesin yang dilakukan Evan di antaranya, blok mesin dengan porting polish, head yang dipapas jadi 0,3 milimeter, throttle bodi berukuran 53 milimeter, ekstra fan custom, injektor R18, penanaman turbo, blow off HKS, knalpot Mugen custom dan masih banyak lagi.

Honda Mobilio milik Evan bertenaga beringas.

Berikut data spesifikasi lengkapnya:

Eksterior 

Billion air funnel
Headlamp: Mobilio RS
Spoiler: Mobilio RS
Widebody natural fender
Sunroof: Medium
Lampu: Custom LED 

Interior 

Plafon: Custom 
Jok depan belakang: Mb-Tech
Shift knob: Mugen
Custom short shifter
Pivot turbo timer Jepang 
Pivot boost meter Jepang
Epman Tachometer
Carbon air conditioner filter
HKB sport boskit Japan
Setir: OMP with original Horn
Speaker: Roger's 6,5 mm
Tweeter: Roger's 38 mm
Crossover: Roger's
Power: 4-channel dynamic

Kaki-kaki

Rem depan-belakang: Bendix 
Coilover: Tanabe sustec pro NF high/low
Pelek depan-belakang: ATP Razze R18x8
Ban depan-belakang: Falken ziex 215/35.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP