Ingin Lihat-lihat Bus Klasik, Datang Saja ke Tempat Ini

Bus klasik milik PO Sumber Alam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Jika ingin melihat-lihat model bus zaman dulu, Anda bisa berkunjung ke Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Sebab, di lokasi tersebut sedang digelar pameran Indonesia Classic and Unique Bus Fiesta 2017 atau Incubus 2017.

IIMS 2024 Siap Digelar, Pakai Semua Area JIExpo Kemayoran

Beberapa bus klasik dan unik mulai tahun 1950-an sampai 2016 menghiasi Hall B dan C JIExpo Kemayoran. Pameran digelar oleh komunitas penggemar bus, Bismania Community, dan diadakan mulai 29 Maret hingga 1 April mendatang.

"Sebenarnya, kami mengundang komunitas penggemar bus yang universal dari berbagai komunitas. Tetapi, yang siap mengisi booth ‘Bus Untuk Semua’ sejauh ini baru dari Bismania Community," kata Project Coordinator acara, AM Fikri, di lokasi.

Daftar Mobil Paling Favorit di Pameran GJAW 2023

Menurut dia, booth ‘Bus Untuk Semua’ sebenarnya sudah hadir di pameran bus dan truk tahun lalu. Tahun ini, beberapa komunitas yang pernah mengisi stan khusus penggemar bus tidak bisa turut serta meramaikan pameran Incubus 2017. 

Deretan bus klasik yang dipajang cukup menyedot perhatian pengunjung. Kebetulan, Incubus 2017 digelar bersamaan dengan pameran industri komponen, aksesoris, alat berat, dan karoseri.

Viral! Rian Mahendra Pamit dari Perusahaan Keluarga Bus PO Haryanto

Salah satu bus yang menarik perhatian yakni Chevrolet AA Series, yang populer di Indonesia pada 1950 sampai 1970-an.

Lalu, ada juga Mitsubishi Fuso R Series 470 tahun 1963 yang dimiliki perusahaan otobus (PO) Sumber Alam. Kemudian, dipajang juga bus Lorena 001. Bus buatan Mercedes-Benz itu berpenampilan layaknya buatan 1990-an, namun aslinya lansiran 1973.

Nomor 001 menandakan bahwa bus tersebut menjadi awal kiprah PO Lorena di dunia transportasi bus Indonesia.

Bus Lorena 001 yang dipajang di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Bus Lorena 001 (Foto: VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya